Friday 10 February 2017

Sebenarnya Kita Gak Perlu Bersaing !

Gak ada persaingan.


Ah masa sih? Kita kan hidup di abad yang sangat kompetitif dimana semua orang bakal saling bersaing satu sama lain sehingga yang keluar sebagai pemenang pastilah yang terbaik. Yang bisa ngalahin semua orang, sehingga yang tinggal hanyalah mereka pecundang sejati, manusia kalah yang gagal dan selalu ketinggalan di belakang.

Tapi capek gak sih bersaing mulu? Sesama teman kita baik-baik aja. Kita suka sama mereka sama seperti mereka suka sama kita. Kita lakuin apa aja bareng-bareng.. Namanya juga temenan. Sampai suatu ketika salah seorang diantara kita jadi pesaing... Saat itulah kita berubah jadi lawan karena hanya satu orang yang bakal keluar sebagai pemenang.

Sebenarnya gak perlu bersaing sih, karena gak ada persaingan di dunia ini. Kitalah yang menciptakan persaingan itu karena hawa nafsu, keserakahan dan nafsu mengalahkan..



Apa kata quotes?


THERE IS NO COMPETITION
(Gak ada itu persaingan)

BECAUSE NOBODY CAN BE ME
(Karena gak ada yang bisa kek saya)


Setiap orang itu unik


Bener, tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gak ada orang yang punya kelebihan semua, gak punya kekurangan. Begitu juga gak ada orang yang punya kekurangan semua, gak ada kelebihan. Karena itulah sebagai manusia kita saling melengkapi satu sama lain agar kekurangan kita ditutupi oleh kelebihan orang lain dan kelebihan kita melengkapi kekurangan orang lain. Seseorang yang penakut biasanya punya temen yang pemberani. Mereka yang pandai punya temen juga yang agak-agak bego. Si bego mungkin punya kelebihan lain macam setia. Pokoknya kita saling melengkapi..

Gak ada orang yang persis sama. Saudara kembar aja punya pribadi yang beda, meski fisik sama persis. Jadi karena tiap orang itu unik, harusnya gak ada persaingan dong. Masing-masing kita harusnya bersaing sama diri sendiri aja, bukan sama orang lain. Gimana kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari diri kita di hari sebelumnya. Yang kita pacu adalah mengalahkan diri sendiri, memperbaiki diri, dalam artian terus berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita.  Aplikasi aja selalu butuh diupgrade dan ada versi teranyarnya biar kemampuannya terus meningkat dan bisa ngikutin perkembangan zaman.. Tau kan kenapa mesin ketik portabel gak dipake lagi, karena udah kuno, gak ngikutin perkembangan zaman, tergantikan fungsinya oleh komputer PC, notebook, bahkan smartphone yang lebih up to date. Kenapa perusahaan raksasa seperti KODAK bisa collaps? Karena produknya udah ketinggalan di era digital ini.. Kalo kamu  kupdet dan kuno pasti kamu bakal ketinggalan di belakang. Hanya jadi pajangan kek barang antik..gak dipake lagi..

Ini yang namanya adaptasi. Menyesuaikan diri dengan sebuah perubahan agar bisa survive alias bertahan hidup dalam lingkungan yang berubah itu dengan ikutan berubah. Perubahan yang dibutuhkan untuk hidup di lingkungan itu. Barangsiapa yang gak bisa menyesuaikan diri ya.. bakalan tersingkir.. Kamu mesti tau apa yang dibutuhin untuk bertahan hidup di era sekarang ini dan penuhi itu, jadilah seperti itu !

Lihat kan..?? 
Gak ada persaingan dengan orang lain. Karena gak ada yang bisa seunik kamu. Yang ada hanyalah selalu berusaha menjadi versi terbaik dari diri kamu dan beradaptasi di lingkungan yang perubahannya cepat. Bukan buat ngalahin orang, tapi buat bertahan hidup dengan mengoptimalkan kemampuanmu. Kalo ada orang lain yang merasa terkalahkan karenamu, itu kesalahannya. Kamu gak bisa melakukan apa-apa atas kegagalan orang lain. Yang bisa kamu lakukan hanyalah terus berkarya dan memotivasi orang lain agar bisa menjadikan dirinya yang terbaik bukan dengan ceramah atau kata-kata kosong tapi lewat aksi nyata yang bisa jadi teladan / contoh. Jadilah orang yang menginspirasi orang lain..

Gak ada yang kayak kamu di dunia ini... You're the only one !

Salam..

No comments:

Post a Comment