Thursday, 16 March 2017

Mengapa Tuhan Hadirkan Penghianat Dalam Hidup Kita?

Apakah ditinggalkan itu nasib?


Dalam interaksi kita dengan orang lain kadang terjadi pasang surut. Kita memiliki banyak teman, banyak relasi, banyak kawan dan sahabat yang selalu ada untuk kita. Banyak hal yang kita lakukan bersama, putuskan bersama sehingga hubungan pertemanan menjadi begitu dekatnya layaknya saudara meski gak ada hubungan darah sama sekali.

Kadang juga kita dihadapkan pada kenyataan bahwa teman-teman dan sahabat itu ternyata menghianati kita, mengambil keuntungan yang gak sedikit dari pertemanan kita, tega mengorbankan kita untuk kepentingannya. Sesuatu yang gak pernah terpikir sama sekali akan dilakukannya.

Tapi itulah kenyataan yang harus diterima dengan hati lapang.. Mengapa dia tega berlaku seperti itu? Jika dia meninggalkan kita bukanlah nasib kita yang buruk, tapi ada sesuatu yang ingin Tuhan perlihatkan.




Apa kata Quotes?


IF YOU DON'T LOSE FRIENDS
(Kalo kamu gak kehilangan teman)

YOU'RE NOT GROWING UP
(Kamu gak akan bertumbuh)


Pertumbuhan itu mutlak adanya.


Perhatikan organ tubuh yang kita miliki, setiap hari mereka bertumbuh. Rambut kita bertambah panjang, kuku jari, tubuh yang semakin tinggi karena pertumbuhan itu mutlak adanya. Pertumbuhan adalah sesuatu yang alami. Suka atau tidak pasti akan tetap begitu karena begitulah hukumnya, begitulah Sang Pencipta mengaturnya.

Begitu juga dengan pikiran dan kedewasaan kita sebagai manusia harus terus bertumbuh dan gak boleh stagnan. Kita dilimpahi tanggung jawab yang besar untuk mengurusi bumi, mengurusi manusia dan mengurusi hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita agar selaras dan seimbang. Pertumbuhan itu mutlak agar kita bisa memikul tanggung jawab yang berat di pundak kita.

Agar kita terus bertumbuh Tuhan punya cara sendiri, salah satunya adalah menghadirkan penghianat dalam hidup kita. Sebagai orang yang dihianati tentu saja kita akan merasa kesal, marah dimanfaatkan dan dibutakan olehnya. Dan satu-satunya jalan untuk melampiaskan kemarahan itu adalah memutus hubungan silaturahmi dengannya. Kita putus hubungan pertemanan karena tahu bahwa orang seperti itu gak pantas hadir dalam hidup kita. Kehilangan teman karena dihianati atau karena hal lain adalah cara Tuhan mengajarkan kita menghargai hubungan baik dan bertumbuh setelah berada dalam kesakitan.

Rasa sakit karena ditinggalkan seseorang yang berarti dalam hidup kita membuat kita berusaha untuk bertahan hidup (survive). Rasa sakit itu membuat kita beradaptasi dengan kondisi terburuk dalam hidup. Rasa sakit mendewasakan kita. Membuat kita belajar bahwa jika seseorang memutuskan pergi dalam hidup kita bukan berarti kita buruk. Tapi karena Tuhan ingin memperlihatkan siapa sebetulnya dirinya, siapa sebetulnya yang baik, siapa yang harus kita pertahankan dan kita berikan perhatian. Bukankah seorang penghianat tak pantas untuk dikasihi? Tuhan membuka mata kita. Tuhan mengajarkan kita untuk menilai seseorang dari sudut pandang yang berbeda. Membencinya gak akan menyelesaikan masalah. Maafkan kelakuannya bukan karena kita setuju diperlakukan begitu tapi karena kita layak untuk hidup tenang tanpa dendam..

Gak ada manusia yang sempurna. Tapi hidup kita bisa lebih sempurna jika kita dikelilingi oleh mereka yang sungguh-sungguh peduli dan memang ingin berada di dekat kita. Tapi kita baru mengetahui siapa yang harus kita pertahankan saat kenyataan tentang siapa mereka sebenarnya terkuak. Kita gak akan pernah bertumbuh menjadi dewasa jika kita gak pernah kehilangan teman, gak pernah ditinggalkan dan gak pernah dihianati. Jadi hadapilah masalah ini dengan santai. Bersyukurlah atas semua masalah yang datang, itu adalah pengalaman yang memberi banyak pelajaran. Pelajaran yang membentuk siapa kita di masa datang.


Bersyukurlah atas teman-teman yang dihadirkan dalam hidup kita

Salam..

Buat Kamu Yang Suka Pamrih

Pamrih...bukan hal sepele !


No Free Lunch! Kita sudah sering dengar ungkapan ini, kalo gak ada makan siang yang gratis. Artinya apapun yang kita lakukan ataupun dilakukan orang lain pada kita bukan semata-mata karena kita atau mereka pantas mendapatkannya tapi karena ada alasan yang terselubung di baliknya. Kenapa si A kok tiba-tiba mentraktir makan siang? Mengapa tiba-tiba saja ibu B bawain kita oleh-oleh sepulang dari perjalanannya. Mengapa Pak C tiba-tiba penuh perhatian dan penuh pertolongan?

Begitu juga kita saat meminta bantuan orang lain , kita harus tahu diri. Sebagai orang yang dibantu kita harus menyiapkan balas jasa. Karena kebaikan dan pertolongan itu gak murah. Banyak orang yang butuh ditolong. Tapi jika kita yang dipilih harusnya kita harus tahu diri bahwa pertolongan itu ada harganya. Tak heran jika Korupsi, Kolusi dan Nepotisme menjadi hal biasa di negeri ini. Karena semua itu ada harganya, ada untungnya dan saling berbagi keuntungan itu asyik bukan?


Apa kata Quotes?


IF YOU'RE HELPING SOMEONE
(Kalo kamu nolongin orang)

AND EXPECTING SOMETHING IN RETURN
(Tapi kamu ngarepin balasan)

YOU'RE DOING BUSINESS NOT KINDNESS
(Kamu berbisnis bukan melakukan kebaikan)


Mengapa dunia begitu sesak?


Karena orang gak lagi melakukan kebaikan pada sesama. Kebanyakan kita selalu menghitung untung rugi sebelum melakukan sesuatu. Apa untungnya bagi saya, berapa kerugian yang dihasilkan tindakan tersebut? Melakukan kalkulasi sebelum bertindak sebenarnya bagus, jika tindakan itu ada urusannya dengan bisnis dan mencari laba. Agar sumberdaya yang dikeluarkan tidak sia-sia tapi menghasilkan keuntungan yang berlipat. Itu bisnis.. memang begitulah seharusnya.

Tapi jika buat nolongin orang kitapun mulai ngambil kalkulator dan membuat hitung-hitungan di atas kertas, apa untungnya bagi saya? Berapa banyak yang bisa saya dapat dari tindakan ini? Apakah pertolongan ini investasi yang menguntungkan yang bisa saya petik secepatnya atau di kemudian hari? Ataukah nantinya akan berbuah kerugian? Berapa besar kerugiannya.
Kita memperlakukan kebaikan sebagai bisnis. Sebagai pedagang bolehlah kita berhitung untung rugi tapi jika memberi pertolongan pada orang yang membutuhkan dan kita mampu melakukannya itu sudah pasti UNTUNG. Karena kita berurusan dengan Tuhan. Tuhan yang Maha Kaya yang bahkan hidup kita terletak di tanganNya.

Mereka ini dikirim Tuhan untuk menggerakkan hati kita. Mereka adalah malaikat penolong yang bisa menyelamatkan kita dari ketamakan dan nafsu serakah. Tapi gak semua orang berpikiran yang sama. Gak ada yang gratis di dunia ini. Semua butuh ongkos dan kerja keras untuk meraihnya. Jika orang lain ingin seperti saya, mereka gak boleh enak-enakan saja menadahkan tangan tapi harus bekerja sekeras saya! Pikiran yang sangat egois.

Pertolongan Tuhan selalu gratis. Kita gak pernah bayar untuk udara yang kita hirup (bayangkan kalo kita sekarat di ruang ICU, megap-megap butuh oksigen, berapa duit yang harus kita keluarkan?). Mengapa kok kita mesti pamrih atas semua yang kita lakukan? Kita ini siapa sih? Manusia yang penuh dengan kekurangan tapi mau berlagak, gak pernah ikhlas dalam berbuat. Sedangkan Tuhan yang begitu kaya, sangat pemurah kok?

Wajar jika korupsi, kolusi dan nepotisme begitu merajalela di negeri ini. Karena kita merasa pengabdian pada negara tercinta tidak diimbangi dengan gaji yang cukup, sehingga merasa perlu untuk mencuri (korupsi), kong ka li kong melakukan kolusi bahkan gak adil dalam membuat sebuah kebijakan yang pro komunitas kita, pro kepentingan kita. Semua orang mementingkan dirinya. Gak peduli apakah orang lain harus tergusur karenanya. Itulah harga yang harus dibayar sebagai pihak miskin, pihak kalah, pihak rakyat kecil. Kalo mereka mau dibantu mereka harus tahu bahwa kita melakukannya tidak gratis..Ada harga dan kesepakatan yang seringkali menguntungkan kita.

Pantas saja jika negeri ini diporakporandakan oleh krisis karena keikhlasan sudah menjadi barang langka..


Bahkan burung pun pamrih, kita membayar kelucuannya dengan makanan
Salam..

Wednesday, 15 March 2017

Mengapa Orang Memperlakukanmu Seperti Sampah?

Kamu diperlakukan seperti sampah.


Semua orang ingin dihargai, ingin dicintai, ingin merasa penting, itu adalah salah satu kebutuhan terpenting manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Kenapa kita jatuh cinta? Karena dalam cinta kita merasa dibutuhkan dan diinginkan pasangan kita. Kita pun merasa nyaman saat jatuh cinta karena tahu bahwa ada orang yang peduli dan menyayangi kita. Rasa berharga dan rasa penting kita dapatkan. 

Namun betapa menyesakkannya kalo kamu cinta sama seseorang tapi dia membalasnya dengan kesakitan, penderitaan kemudian mencampakkanmu seperti sampah yang gak berguna. 

Mengapa kamu dicampakkan padahal katanya dia cinta? Mengapa kamu dibuat gak berharga padahal katanya dia sayang?



Apa kata quotes?


WHEN YOU'RE BEING DISRESPECTED
(saat kamu diperlakukan seperti sampah)

BUT ALL YOU DO ABOUT IT IS CRY, ARGUE AND STAY
(Tapi yang bisa kamu lakukan adalah menangis, memaki dan tetap bertahan)

IN THE RELATIONSHIP;
(dalam hubungan yang menyesakkan)

YOU'RE THE TYPE HE KNOWS HE CAN DISRESPECT
(Kamu adalah tipe yang dia tahu bisa dicampakkan dan tak dihormati)



Lakukan sesuatu !


Pesan ini bukan hanya buat cewek saja, tapi bagi semua orang di luar sana yang tak diperlakukan dengan adil oleh siapapun. Gak ada yang boleh berlaku sekehendak hatinya padamu. Kamu layak dihormati, dihargai dan dicintai apalagi oleh mereka yang katanya mencintaimu..

Jika seseorang memukulmu, berlaku kasar, berlaku gak adil, menyerang harga diri dan harkatmu sebagai manusia, jangan diam saja. Lakukan sesuatu! Jangan hanya bisa menangis, memaki namun tetap bertahan dalam hubungan yang tak seimbang, tak adil dan menyakitkan hanya karena cinta. Yakinlah kalo itu bukan cinta. Cinta itu gak menyakiti !

Karena kalo kamu hanya bisa menangis dan memaki itu gak akan menyelesaikan masalah. Menangis menunjukkan kelemahanmu. Memaki menunjukkan amarahmu, tapi hanya sebatas itu, gak ada tindakan lebih lanjut. Lebih bodoh lagi karena kamu bertahan dalaa hubungan yang menyakitkan itu hanya karena cinta atau karena takut. Kalo kamu berlaku seperti ini dia tahu dengan pasti bahwa kamu adalah orang yang bisa dia perlakukan seenaknya. Karena kamu hanya bisa pasrah dan gak berani menentang atau melawannya.

Jika orang selalu memperlakukanmu seperti sampah, termasuk mereka yang kamu pilih sebagai pasangan, harusnya kamu introspeksi diri. Karena sikap orang lain padamu tergantung sikapmu padanya. Jika kamu berani berdiri, membela diri, mengungkapkan pendapat dalam melawan ketidakadilan maka orang akan pikir-pikir sebelum melakukan sesuatu yang gak pantas padamu. Karena dia gak pengen ngambil resiko mendapat perlawanan sengit darimu. Mereka ini memang mencari korban yang gampang dimanfaatkan, dimanipulasi dan ditipu. Karena mereka ini cenderung menerima perlakuan apapun dengan sukarela tanpa ada keinginan untuk berontak. Kalo pun ingin berontak dia gak punya cukup keberanian untuk melakukannya..

Jika kamu ingin dihargai oleh siapapun tunjukkan bahwa kamu bisa dihargai. Hargai orang, perlakukan mereka dengan baik. Tapi ingat, jangan sampai kebaikanmu dimanfaatkan. Tarik diri dari mereka yang manipulatif. Kalo kamu udah terlajur berurusan dengan mereka, jangan diam saja. Lawan dan tunjukkan bahwa mereka berurusan dengan orang yang salah..

Hubungan cinta itu harusnya membahagiakan. Kalo kamu gak bahagia dalam hubungan cintamu artinya ada yang salah dan harus dibenahi. Jika salah satu pihak menggunakan kekerasan, baik verbal (kata-kata) maupun fisik untuk menunjukkan sayangnya, segeralah ambil tindakan. Kamu berurusan dengan psikopat, orang sakit jiwa, manusia tidak normal yang butuh bantuan dokter dan bukan kekasih hati impian yang menawarkan kebahagiaan.

Tindakanmu menentukan nasibmu. Gak ada yang bisa nyelamatin kamu kecuali dirimu sendiri...Segeralah tinggalkan pasangan yang suka menyakiti dan gak punya penghargaan sama sekali. Ambil kembali kontrol hidupmu, jangan biarkan orang lain mengontrolnya. Karena hidupmu begitu berharga untuk dihabiskan dalam penderitaan dan kesia-siaan.

Temukan pasangan yang membahagiakan, bukan sebaliknya..

Salam..


Tips Agar Tak Pernah Kena Penyakit Lagi

Kesehatan itu mahal.


Nanti kita merasakan betapa pentingnya kesehatan saat tubuh harus terbaring lemah karena didera penyakit. Banyak orang yang nganggap tubuh yang sehat itu memang sudah seharusnya. Padahal tubuh yang sehat itu harus diusahakan. Dari sekolah kita udah diajarin bahwa makan bukan hanya yang enak tapi harus cukup nilai gizinya. Karena itu konsep 4 sehat 5 sempurna menjadi begitu populer. Olahraga itu keharusan. Jangan malas bergerak karena tubuh yang gak digerakkan lama-lama bisa rusak, seperti halnya mesin mobil yang gak pernah dipanasin.

Kesehatan itu mahal, karena kalo udah sakit butuh biaya untuk menyembuhkannya. Biaya dokter, biaya obat, biaya fasilitas medis yang harus ditebus seringkali bikin kantong jebol. Meskipun beberapa diantaranya masih dicover asuransi, tapi tetap aja terasa mahal. 

Selain menjaga kesehatan, upaya lain yang bisa dilakukan adalah sedapat mungkin menghindari penyebab penyakit. Jauhi polusi, perbaiki pola hidup dan yang terpenting pola makan. Kesalahan dalam memilih makanan yang dikonsumsi bisa berdampak besar bagi tubuh.



Apa kata quotes?


DON'T DIG YOUR GRAVE WITH YOUR OWN KNIFE AND FORK
(Jangan menggali kuburanmu lewat makanan yang kau makan)

Seorang dokter di Amrik sono Dr Raymond Francis menulis 3 buku sesuai dengan pengalamannya :
1. Tidak pernah sakit lagi (Never be Sick Again)
2. Tidak pernah lagi takut kanker (Never Fear Cancer Again)
3. Tidak pernah gendut lagi (Never be Fat Again)
Dokter tsb menulis buku itu setelah merasakan sakit yang parah kemudian meneliti penyebab penyakit yang dideritanya dimana para dokter pun menyerah dengan penyakitnya

Di usia  75 tahun dokter Francis hanya sekali terkena penyakit flu. Dalam bukunya Never Be Sick Again beliau memberikan tips-tips agar kita terhindar dari penyakit selama hidup kita selanjutnya.
Jauhi gula selamanya ditambah berolah raga dan mengatur pola makan secukupnya
Menurut Dr. Francis :
  • Gula penyebab pilek dan influenza.
  • Makan sesendok (ukuran sendok teh) gula bisa menurunkan imunitas tubuh 50%
  • Minum segelas Cola (soda) menurunkan imunitas tubuh 6-8 jam karena cola mengandung banyak gula.
  • Gula penyebab alzeimer.
  • Gula merupakan makanan bagi sel kanker, Sehingga menyembuhkan kanker sangat mudah yaitu jangan beri makanannya, jangan konsumsi gula.
  • Gula penyebab segala penyakit jantung.
  • Gula penyebab bertambahnya berat badan.
  • Gula penyebab penimbunan lemak.
  • Segala penyebab penyakit manusia ada hubungan dengan gula.
  • Dokter Francis berkata : para ayah melarang anak-anak mereka merokok dan minum alkohol tetapi memberikan manisan / permen / coklat / es krim  yang lebih berbahaya dari pada rokok dan alkohol.
  • Intinya tinggalkanlah gula

Doktor Raymond memenangkan karya ilmiah di Universitas Frankfurt tentang kesehatan makanan yaitu :

  • Yoghurt merupakan sumber kalsium tertinggi karena kandungan segelas yoghurt 450 mg kalsium, maka jadikanlah menu harianmu yoghurt. Dan yang terbaik adalah yoghurt yg rendah lemak.
  • Daun mint adalah obat untuk menguatkan jantung dan sirkulasi darah. Jika meminum daun mint seperti teh biasa, dapat melancarkan lambung dan usus, mengurangi penyakit serta menyegarkan bau mulut. 
  • Untuk menyembuhkan gastric anacidity (penyakit lambung), minum segelas rebusan daun mint panas tanpa tambahan gula.
  • Daun mint bisa menghilangkan gas, menguatkan ginjal, pankreas dan meredakan batuk, menenangkan saraf dan kondisi marah, menghilangkan insomnia, meningkatkan diuretik dan penghancur makanan yg terbaik.
  • Minuman bergas (seperti soda) menambah besar ukuran pinggang wanita walaupun tdk menambah berat badannya.
  • Minuman bergas menyebabkan : osteoporosis, masalah² jantung dan ginjal, obesitas & penyakit gula dan gigi karies (karang gigi).
  • Bahaya kesehatan jika mengkonsumi minuman peningkat energi bagi anak-anak : mempercepat detak nadi, kejang-kejang, stroke, kematian mendadak.
  • Teh hijau atau kopi hitam pahit : bagus karena ada antioksidan yg menjaga dari kanker.
  • Ikan salmon, apel, anggur, ceri, bluberry, bayam merupakan jenis makanan yang menjaga sel otak dan menguatkan ingatan.
  • Salah besar yang menyebutkan bahwa minum air saat sedang makan dan setelah makan menyebabkan buncit dan menyulitkan proses pencernaan. Yang betul: Air tdk menyebabkan buncit dan membantu mencerna lbh baik dari yang lain.
  • Berjalan selama 30 menit perhari dalam jangka 5 hari perminggu menjagamu dari : penyakit jantung, penyakit gula, depressi, penyakit² tekanan darah, kolesterol.
  • Bawang putih: membantu mengurangi peluang terjangkit kanker karena bawang putih mampu meningkatkan imun, karena itu masukkan bawang putih dalam menu masakan anda.
  • Mengkonsumsi jahe hangat pd sore hari membantu membakar lemak dan mengeluarkan racun dari tubuh.
  • Upayakan minum segelas air setelah bangun tidur untuk mengembalikan cairan yang hilang saat tidur serta untuk membersihkan racun di tubuh.

Doktor Raymon berkata Saya telah mengambil manfaat dari ini dan senang bila bermanfaat bagi semuanya
(Utk manfaat lebih banyak dan detil, bisa baca bukunya langsung atau lihat tayangan youtube dengan judul: Never be a sick again
https://m.youtube.com/watch?v=ISgt71CRG2I ).

Ini menurut Dr Francis, adalah keputusan anda untuk mengikutinya atau tidak. Kalo sesuatu berhasil pada diri orang lain, kenapa gak kita coba??


Es krim couple yang cantik ini tenyata menyimpan bahaya

Salam..

Pesan Buat Yang Suka Nyinyir

Nyinyir itu penyakit


Punya teman yang suka nyinyir gak? Kalo jaman saya sekolah dulu temen yang begini dijulukin nenek sihir atau Mak Lampir. Karena dia hobinya ngomong tapi omongannya gak mutu dan seringkali nyakitin orang. Orangnya gak bisa diem. Ada aja bahan omongannya meski orang di sekitarnya satu demi satu menjauh atau menghindar.

Mereka yang nyinyir ini sebenarnya gak jahat, cuma dia eksis lewat omongannya. Makanya apapun dia bakal lakuin yang penting bisa ngomong dan mengemukakan isi pikirannya. Hal-hal yang gak penting bisa jadi penting baginya. Rumor atau gosip adalah sesuatu yang disukainya, karena dia tau banget rumor dan gosip banyak peminatnya. Jadlah dia tukang gosip, tukang rumpi yang nyebarin kabar (bisa saja kabar bohong) ke banyak orang. Kalo jaman sekarang nih dibilangnya pakar hoax. Apa aja bisa jadi heboh karena diceritakan olehnya.

Karena nyinyir ini penyakit tapi seringkali penderitanya gak tau kalo sebenarnya dia sakit dan butuh diobati. Karena omongannya seringkali menjadi masalah bagi dirinya dan bagi orang lain.


Apa kata quotes?


DON'T WASTE YOUR WORDS ON PEOPLE
(Jangan suka nyinyir)

WHO DESERVE YOUR SILENCE.
(terutama pada mereka yang ingin ketenangan)

SOMETIMES THE MOST POWERFUL THING
(Seringkali hal yang paling dahsyat)

YOU CAN SAY IS NOTHING AT ALL
(yang bisa kamu katakan adalah tak berkata apapun)


Hormati orang lain.


Meski kamu dasarnya suka bicara, suka ngomong dan ngerasa peduli sama orang lain dengan kata-kata penghiburanmu tapi pertimbangkan hal ini : GAK SEMUA ORANG SUKA DIAJAK BICARA. Ada orang yang dasarnya memang kalem, pendiam, gak banyak omong, suka ketenangan. Ada juga orang yang sedang punya masalah dan ingin sendirian. Ada orang yang gak suka diganggu, gak suka ada yang ikut campur urusannya. Semua ini adalah orang-orang yang menganggap kehadiran orang lain apalagi yang banyak bicara sebagai gangguan.

Hormati mereka. 
Meski kamu hobinya ngomong, tapi biarkan orang lain terbebas dari omonganmu yang gak penting. Orang kalem memang dasarnya gak banyak bicara, gak usah kita sok akrab ngajakin mereka ngobrol ngalur ngidul karena gak akan berhasil. Mereka bakal ngejawab apa yang perlu dijawab.

Mereka yang suka ketenangan, biarkan mereka dengan ketenangannya. Ketenangan membuatnya bahagia. Justru kehadiranmu yang ceria dan heboh bisa mengusik ketenangan dan menghancurkan kebahagiaannya.

Apalagi mereka yang sedang ada masalah dan butuh sendiri. Mengajak bicara adalah hal salah dan bisa membuat mereka meradang. Semua orang berhak melakukan apa yang disenanginya, termasuk saat ingin diam, ingin tenang dan ingin sendiri. Kalo kamu dasarnya nyinyir cobalah mempertimbangkan hal ini. Kalo kamu di posisi mereka, apakah kamu suka diganggu orang lain? Kalo kamu gak suka diganggu, mereka juga sama. Hormati itu.

Nyinyir itu bukan dosa selama gak nyakitin orang, gak ngeganggu orang dan gak bohong. Tapi yang namanya lidah kan gak bertulang. Seringkali kata-kata terbang begitu saja gak terkontrol. Ada pihak yang tersakiti, terganggu dan tersinggung dengan kata-katamu, itu gak bisa dihindarkan. Jadi ada baiknya bijak dalam berkata. Hati-hati mengeluarkan kata-kata. Karena sekali keluar susah untuk ditarik kembali.

Bijaklah dalam berkata. Gak usah ngomong kalo omonganmu gak penting, gak bermanfaat dan gak positif.

Gigi hitam bukan karena nyinyir tapi kebanyakan makan sirih pinang...

Salam...

Ngapain Mesti Kuatir Dengan Kata Orang?

Kuatir itu penyakit.


Seringkali kita suka stres, pusing dan gak berani bertindak karena takut dengan penilaian dan kata-kata orang. Mau berbuat A, ntar dulu deh..ntar orang kesannya gimana? Mau bertindak B suka mikir, ntar reaksi orang-orang gimana? 

Mengapa kita begitu peduli dengan kata-kata, penilaian dan reaksi orang lain terhadap kita? Karena semua orang ingin disukai. Semua orang pengen merasa penting. Semua orang ingin disetujui. Karena persetujuan itu membuatnya merasa berharga. Sementara kita gak bisa menebak apa pikiran orang lain terhadap kita. Akhirnya sebelum bertindak kita mikir, gimana nih? Perlu dilakukan gak, gimana kira-kira tanggapan orang? 

Secara gak sadar kita menuh-menuhin pikiran dengan kekuatiran yang gak perlu. Padahal kuatir itu penyakit yang bisa menggerus kebahagiaan kita. Kita pun gak bisa menerima penilaian yang jujur apalagi kalo itu berupa kritik atau komentar yang menyudutkan kita. Kita hanya mau dengar pujian, kata-kata yang enak dan sesuai dengan keinginan kita.



Apa kata quotes.


DON'T WORRY ABOUT OTHERS PEOPLE OPINION OF YOU
(Gak perlu pusing dengan pendapat orang tentangmu)

GOD NEVER TOLD YOU TO IMPRESS PEOPLE
(Tuhan gak nyuruh kamu buat mengesankan orang lain)

ONLY TO LOVE THEM
(Tapi untuk mencintai mereka)


Kita mahluk sosial


Karena kita hidup saling bergantung satu sama lain, bukan hanya pada manusia tapi juga hewan dan tumbuhan. Karena kita saling membutuhkan, Tuhan memerintahkan kita untuk berinteraksi dengan mereka secara lebih baik. Interaksi yang saling memberi manfaat. 

Interaksi yang positif hanya bisa diperoleh jika kita mencintai mereka. Dan kita gak bisa mencintai kalo kita kebanyakan penilaian dan prasangka terhadap orang lain. Bahkan orang yang gak kita kenal sekalipun kita udah punya penilaian tersendiri. Karena kalo udah menilai Desi pecicilan, Ambar itu angkuh, Arman sok kaya, Dedi apatis, Tino gampang emosi dan Eti suka ngambek, maka itulah yang terbetuk di kepala kita tentang mereka. Kita gak bisa menyayangi mereka karena yang terbayang langsung pikiran negatif yang terlanjur melekat sama diri mereka. (baca : Tugas kita bukan untuk menilai orang)

Pernah mikir gak kalo ada orang yang nanyain tentang si A? Yang kita bayangin langsung penilaian kita, "Ooo si A yang botak itu ya?" atau "Si A yang suka jual mahal?" Ini menutup potensi positif yang dimiliki si A di mata kita karena yang terbayang langsung kekurangan atau sikap negatif yang kita sematkan padanya. Padahal belum tentu penilaian kita benar. Belum tentu di suka jual mahal, mungkin saja memang dia orangnya cool, pemalu atau kalem. Cool, pemalu dan kalem itu gak sama dengan jual mahal. Kalo pun dia botak, masalahnya di mana? Emang orang botak gak bisa dijadikan temen? Apakah kualitasnya sebagai manusia menurun hanya karena dia botak? Gak kan?

Tuhan nyuruh kita buat mencintai sesama, bukan buat mengesankan mereka. Lakukan sesuatu yang memang perlu kamu lakukan untuk mencapai impian dan tujuan hidup kamu, bukan karena pengen mengesankan orang lain. "Wah lu hebat nih, bisa ngelakuin hal spektakuler semacam itu!" Tapi karena memang kamu ingin melakukannya, kamu perlu melakukanya, kamu melakukannya untuk dirimu sendiri.

Kalopun orang lain mencela, so what? Mereka bebas-bebas saja berpendapat kok ! Itu dijamin undang-undang lho ! Tapi satu yang perlu kamu pahami, kalo yang dicela bukanlah dirimu, bukan kamu sebagai pribadi. Bisa saja kelakuanmu, bisa saja caramu berbicara, caramu memperlakukan orang lain, metode yang kamu pake, yang semuanya itu gak mendefinisikan siapa dirimu sebenarnya. Karena semua itu bisa diperbaiki dan ditingkatkan.  (baca: mengapa orang menilai?)

Jangan pernah takut melakukan sesuatu karena kuatir dengan pendapat orang lain. Suka atau nggak, kamu lakukan ato nggak, mereka tetap akan menilai dan memberikan pendapat. Kamu gak akan pernah menang melawan orang lain. Jadi lebih baik kamu eksekusi, lakukan yang ingin kamu lakukan. Karena kalo kamu menunggu dipuji baru mau bertindak, kamu gak akan pernah mulai. Karena gak ada pujian yang gratis...butuh usaha dan kerja keras ke arah itu.

Kalo memutuskan gundul...ayo aja..! Orang suka ato gak, itu urusan mereka.

Salam...

Kamu Gak Bisa Mengenai Target Yang Gak Terlihat

Tetapkan Tujuan


Kamu gak bisa mengenai target yang gak terlihat bukan? Dan kamu gak bakalan nyampe ke tujuan kalo kamu gak pasti tujuannya kemana. Apa sebenarnya yang kamu inginkan dalam hidup? Buat spesifik! Setelah jelas mulailah menetapkan tujuan dan buat langkah-langkah untuk mencapai tujuan itu.


Apa kata Quotes?


YOU WILL NEVER ARRIVE AT YOUR DESTINATION
(Kamu gak bakalan sampe di tujuan)

IF YOU DON'T DEFINE WHRE IT IS
(Kalo kamu gak netapin tujuanmu itu di mana)


Mengapa kebanyakan kita gagal?


Kebanyakan orang gak mencapai apa yang diinginkannya. Bukan karena mereka gak mampu, bukan karena kurangnya kesempatan. Juga bukan karena kondisi sekitar dan kejadian yang terjadi dalam hidupnya. Kebanyakan karena mereka gak tau apa yang dicari dalam hidup ini? 

Karena gak tau apa yang diinginkan jadinya susah buat ngejar. Gak jelas apa tujuan hidupnya, APA YANG DICARINYA. Hasil penelitian baru-baru ini mengungkap kalo hanya 3 % dari populasi manusia di dunia ini yang menetapkan tujuan, yang tau arah hidupnya dan tahu kemana bakal menuju.

Kalo kamu gak punya target, kamu gak bisa memaksimalkan potensimu secara penuh. Kalo kamu gak punya tujuan kamu gak bakal pernah dapetin impianmu.


Tujuan itu sebenarnya yang gimana sih?


Beberapa orang ngerasa kalo tujuan hidup mereka adalah hidup sukses. "Saya pengen sukses atau pengen kaya." Ini bukan tujuan. Ini angan-angan. Angan-angan itu hanya di awang-awang dan gak bakalan terwujud.

Kamu harus spesifik. 
Harus tahu dengan pasti apa yang kamu inginkan dalam hidup. Pelajari gimana kamu bisa dapetin itu dan berusaha sampe dapat !

Jelaskan apa yang kamu mau.
Apa sih yang kamu inginin dalam hidup?
Tulis dan baca setiap hari. 
Biarkan tujuan itu meresap dalam otakmu.

Kemudian keluarlah mengejar impian itu. Kamu harus bilang sama diri kamu, " INI YANG SAYA INGININ, BEGINI CARA DAPETINNYA DAN SAYA AKAN MELAKUKAN APAPUN UNTUK MENDAPATKANNYA."

Kebanyakan kita gak nyampe di tujuan karena kita gak tau tujuan kita ke arah mana. Jadinya kebingungan. Jadilah sedikit orang yang punya arah dan tau mau kemana. Jadilah mereka yang mau meningkatkan kualitas dirinya agar bisa memantaskan diri mencapai tujuan. Mau kerja keras dan melihat segala kemungkinan. Berusaha agar hidupnya meningkat dari sebelumnya.

Kalo tujuanmu gampang diraih artinya tujuan hidupmu gak cukup besar. Tetapkan tujuan hidup yang lebih besar. Tujuan yang membuatmu semangat sekaligus takut karenanya. Kalo tujuan itu penting kamu bakal mewujudkannya. Kalo gak, kamu bakal nyari alasan. Seberapa besar sih kamu menginginkannya?

Beberapa orang bilang kalo mereka menetapkan tujuan tapi gak melakukan apa-apa untuk mencapainya, karena udah capek duluan. Saking besar dan agungnya tujuan itu..
Buatlah "tujuan yang mustahil" tercapai itu bukan dengan sekali langkah tapi dibagi dalam langkah-langkah kecil yang mudah.

ACTION!
Sekali melangkah gak ada kata mundur. Kamu maju untuk mengejar impianmu sampe dapat, sampe kamu meningkat secara kualitas. Semakin besar target semakin besar pencapaiannya.
Temukan alasan yang kuat mengapa kamu gak boleh mundur, terutama saat kesulitan dan masalah menderamu.

Kamu pastinya gak pernah ngeliat orang sukses yang gak menetapkan tujuan. Karena mustahil untuk melangkah kalo gak tau mau melangkah ke mana? Kalo kamu gak punya target bisa saja kamu berakhir di tempat yang gak kamu inginin. Penetapan tujuan adalah prioritas nomor satu bagi mereka yang pengen sukses..

Tujuan bukan hanya membantumu mencapai apapun yang kamu inginin dalam hidup tapi juga ngasi kamu HIDUP. Tujuan ngasi kamu alasan untuk bangun setiap pagi. Sesuatu yang bermakna untuk dilakukan. Itulah tujuan !

Saat menentukan tujuan, ingat, " KALO TUJUAN ITU GAK MENANTANG BERARTI GAK CUKUP BESAR." Tetapkan tujuan yang bikin orang lain mikir kamu gila. Tujuan yang gak mungkin bisa kamu raih kecuali kalo kamu bertumbuh menjadi seseorang yang MAMPU meraihnya. Kalo orang lain bisa mencapainya kamu juga bisa...!

Katakan pada diri :
SAYA AKAN MERAIH IMPIAN
SAYA GAK AKAN RAGU KARENA SAYA MAU DAN MAMPU MELAKUKAN SEMUA LANGKAH-LANGKAH YANG MAKIN MENDEKATKAN KE TUJUAN ITU SETIAP HARINYA. 
Mantapkan hati dan pantang mundur...

Tujuan hidup saya adalah travel keliling dunia


Salam...

Friday, 10 February 2017

Sebenarnya Kita Gak Perlu Bersaing !

Gak ada persaingan.


Ah masa sih? Kita kan hidup di abad yang sangat kompetitif dimana semua orang bakal saling bersaing satu sama lain sehingga yang keluar sebagai pemenang pastilah yang terbaik. Yang bisa ngalahin semua orang, sehingga yang tinggal hanyalah mereka pecundang sejati, manusia kalah yang gagal dan selalu ketinggalan di belakang.

Tapi capek gak sih bersaing mulu? Sesama teman kita baik-baik aja. Kita suka sama mereka sama seperti mereka suka sama kita. Kita lakuin apa aja bareng-bareng.. Namanya juga temenan. Sampai suatu ketika salah seorang diantara kita jadi pesaing... Saat itulah kita berubah jadi lawan karena hanya satu orang yang bakal keluar sebagai pemenang.

Sebenarnya gak perlu bersaing sih, karena gak ada persaingan di dunia ini. Kitalah yang menciptakan persaingan itu karena hawa nafsu, keserakahan dan nafsu mengalahkan..



Apa kata quotes?


THERE IS NO COMPETITION
(Gak ada itu persaingan)

BECAUSE NOBODY CAN BE ME
(Karena gak ada yang bisa kek saya)


Setiap orang itu unik


Bener, tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gak ada orang yang punya kelebihan semua, gak punya kekurangan. Begitu juga gak ada orang yang punya kekurangan semua, gak ada kelebihan. Karena itulah sebagai manusia kita saling melengkapi satu sama lain agar kekurangan kita ditutupi oleh kelebihan orang lain dan kelebihan kita melengkapi kekurangan orang lain. Seseorang yang penakut biasanya punya temen yang pemberani. Mereka yang pandai punya temen juga yang agak-agak bego. Si bego mungkin punya kelebihan lain macam setia. Pokoknya kita saling melengkapi..

Gak ada orang yang persis sama. Saudara kembar aja punya pribadi yang beda, meski fisik sama persis. Jadi karena tiap orang itu unik, harusnya gak ada persaingan dong. Masing-masing kita harusnya bersaing sama diri sendiri aja, bukan sama orang lain. Gimana kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari diri kita di hari sebelumnya. Yang kita pacu adalah mengalahkan diri sendiri, memperbaiki diri, dalam artian terus berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita.  Aplikasi aja selalu butuh diupgrade dan ada versi teranyarnya biar kemampuannya terus meningkat dan bisa ngikutin perkembangan zaman.. Tau kan kenapa mesin ketik portabel gak dipake lagi, karena udah kuno, gak ngikutin perkembangan zaman, tergantikan fungsinya oleh komputer PC, notebook, bahkan smartphone yang lebih up to date. Kenapa perusahaan raksasa seperti KODAK bisa collaps? Karena produknya udah ketinggalan di era digital ini.. Kalo kamu  kupdet dan kuno pasti kamu bakal ketinggalan di belakang. Hanya jadi pajangan kek barang antik..gak dipake lagi..

Ini yang namanya adaptasi. Menyesuaikan diri dengan sebuah perubahan agar bisa survive alias bertahan hidup dalam lingkungan yang berubah itu dengan ikutan berubah. Perubahan yang dibutuhkan untuk hidup di lingkungan itu. Barangsiapa yang gak bisa menyesuaikan diri ya.. bakalan tersingkir.. Kamu mesti tau apa yang dibutuhin untuk bertahan hidup di era sekarang ini dan penuhi itu, jadilah seperti itu !

Lihat kan..?? 
Gak ada persaingan dengan orang lain. Karena gak ada yang bisa seunik kamu. Yang ada hanyalah selalu berusaha menjadi versi terbaik dari diri kamu dan beradaptasi di lingkungan yang perubahannya cepat. Bukan buat ngalahin orang, tapi buat bertahan hidup dengan mengoptimalkan kemampuanmu. Kalo ada orang lain yang merasa terkalahkan karenamu, itu kesalahannya. Kamu gak bisa melakukan apa-apa atas kegagalan orang lain. Yang bisa kamu lakukan hanyalah terus berkarya dan memotivasi orang lain agar bisa menjadikan dirinya yang terbaik bukan dengan ceramah atau kata-kata kosong tapi lewat aksi nyata yang bisa jadi teladan / contoh. Jadilah orang yang menginspirasi orang lain..

Gak ada yang kayak kamu di dunia ini... You're the only one !

Salam..

Kenapa Saat Tua Kok Kita Jadi Rabun?

Rabun karena umur.


Coba deh perhatiin kakek nenek kita, di umur senjanya selain keriput yang mulai mewarnai kulitnya, rambut yang mulai memutih, pendengaran yang udah sedikit budek, juga penglihatannya mulai berkurang. Itu sebabnya kebanyakan lansia ini pasti pake kacamata buat ngebantu mereka melihat dengan baik dan benar, terutama ngeliat jumlah uang pensiunannya di buku tabungan biar gak dikorupsi anak ato cucu, hehehe...



Apa kata quotes?


DON'T STRESS ABOUT YOUR EYESIGHT FALLING
(Gak usah stres saat penglihatanmu mulai berkurang)

AS YOU GET OLDER
(ketika kamu berusia lanjut)

IT'S NATURES WAY OF PROTECTING YOU
(Itu cara alami buat ngelindungin kamu)

FROM SHOCK AS YOU WALK PAST THE MIRROR
(dari rasa shock saat melihat ke cermin)


Kecantikan / kegantengan bakal memudar.


Meski wajahmu semenawan Ayu Ting Ting atau Mbak "Alhamdulillah Ya" Syahrini, atau seganteng Mas "Serigala Ganteng"  Aliando Syarief sekarang ini gak perlu sombong dan sok ngartis.. Karena wajah yang kamu banggakan itu lama kelamaan bakal keriput, kehilangan kekenyalan dan kemenawannya. Itu udah alamiah..

Gak ada yang bisa ngobatin penyakit tua. Karena menjadi tua itu adalah reaksi alami tubuh yang pelan-pelan menurun kemampuannya menuju kematiannya. Kalo ngebaca ini serem ya.. Sebenarnya gak perlu takut sih. Bukannya saya ngajarin buat nantangin maut tapi kita semua ini sebenarnya lagi berjalan menuju ke kematian kita sendiri. Kita gak tau di mana akhirnya kita bakal berakhir. Jadi biasa aja.. Karena yang namanya hidup itu pasti bakal mati. Tinggal perbaikin ibadah biar bekalnya cukup..

Kalo pada saat tua, penglihatan ikut memudar alias rabun, harusnya disyukuri. Lho..rabun kok disyukuri? Biar saat natapin wajahmu di cermin ada efek-efek "blur" nya gitu. Jadi gak terlalu shock dengan perubahan itu. Kamu masih bisa natapin wajahmu seperti sediakala. Wong gak jelas kok kalo keriput udah ada di sana sini, uban udah muncul menampakkan diri dengan mesranya..

Tua dan rabun udah satu paket. Dan itu ada tujuannya... Fungsi mata emang udah menurun seiring dengan penuaan organ-organ tubuh. Siap-siaplah menerima kenyataan itu kalo tua nanti. Terima itu dengan rasa syukur. Liat sisi positifnya. Gak semua orang bisa panjang umur lho...

Tua tapi tetap gaya...boleh dong ! (hadeuh ....)

Salam...

Thursday, 9 February 2017

Kenapa Kita Tutup Mata Saat Dicium Orang Terkasih?

Tutup mata dan rasakan..


Demam film Korea lagi melanda Indonesia. Gak perlu jauh-jauh sih, kedua putri saya yang mulai menanjak remaja suka dengan drama romantis Korea dan mengidolakan para artis K-Pop. Yang menarik dari drama Korea selain alur cerita dan pemainnya yang cantik dan ganteng itu, juga adegannya gak vulgar. Adegan ciumannya elegan dan setiap kali si aktor mencium tokoh ceweknya, pasti ceweknya tutup mata.



Mengapa mesti tutup mata sih? Pasti ada yang ingin disampaikan oleh penulis cerita atau mungkin sutradaranya kepada audience. Pernah juga mikir gak, kenapa saat berdoa kita kerapkali menutup mata, atau saat memimpikan sesuatu??? Mungkin pesannya, tutup mata dan rasakan..sehingga audience juga turut merasakan.. Tujuannya untuk memainkan emosi penonton.





Apa kata quotes?




WHY DO WE CLOSE OUR EYES
(Mengapa kita menutup mata)

WHEN WE PRAY, KISS OR DREAM?
(Saat berdoa, mencium atau bermimpi?)

BECAUSE THE MOST BEUTIFUL THINGS IN LIFE
(Karena hal terindah dalam hidup)

ARE NOT SEEN BUT FELT ONLY BY HEART
(tak dapat dilihat oleh mata hanya dapat dirasakan oleh hati)


Hal terindah dalam hidup.


Sebagai manusia biasa kita juga melalui hari-hari indah dan hari-hari sulit. Hari-hari indah dan sulit itu turut memperkarya hidup kita, yang menjadikan kita seperti sekarang ini. Hal-hal itulah yang menempa kita menjadi sebuah pribadi yang kaya pengalaman hidup.

Sesuai dengan kata quote di atas, hal terindah itu gak bisa dilihat oleh mata manusia. Karena seringkali apa yang terlihat oleh mata membuat kita tertipu. Sesuatu yang indah seringkali hanya tampilan luarnya saja yang bagus tapi do dalamnya bisa saja busuk. Sesuatu yang tampak mengerikan bisa saja menyimpan potensi yang indah, yang kalo kita gali lebih dalam kita temukan mutiara yang tersembunyi.

Tapi apa yang dirasakan oleh hati seringkali jujur dan gak dibuat-buat. Itu sebabnya saat kita berdoa, kita bertatap muka dan berkomunikasi dengan Sang Pencipta, biasanya batin kita yang merasakannya, agar kekhusyu'an bisa tercipta. Begitu juga saat bermimpi indah. Kita harus menutup mata untuk merasakan keindahannya. Karena impian masih ada dalam bayangan kita dan bukan kenyataan, sehingga membuka mata membuat kita kembali ke realita. Akan halnya ciuman adalah perasaan indah yang dirasakan oleh seorang insan, apalagi jika itu diberi oleh yang tersayang. Untuk meresapinya seseorang harus tutup mata agar keindahan itu terasa olehnya lebih lama dan maknanya jadi lebih dalam karenanya.

Kalo admin pribadi sih biasanya bakal tutup mata untuk meresapi sejuknya udara pegunungan, gemericik air yang mengalir di sungai atau suara desahan ombak yang memecah pantai. Juga saat menikmati sebuah makanan enak, hehehe..
 
Saya bisa tutup mata kalo makan buah ini hehehe..
Salam..