Thursday, 4 August 2016

Percaya Diri, Kunci Dari Semua Keberhasilan...

Pede itu soal perasaan ..


Mengapa lebih banyak orang yang gak sukses ketimbang yang sukses? Padahal kesuksesan itu mudah diraih. Mungkin kamu akan protes dengan pernyataan ini. Kalo sukses mudah diraih pasti semua orang udah sukses dan yang gagal hanya sedikit. Tapi kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya, lebih banyak orang yang gagal daripada orang yang berhasil /sukses.

Sukses itu mudah asal... tahu caranya! (baca : 12 keterampilan yang mutlak diperlukan untuk sukses).
Sukses itu gampang asal bisa belajar bagaimana mindset orang sukses.
Dan jika gagal....
Gagal itu gampang diatasi asal... tahu alasan mengapa kamu gagal (baca : 13 alasan mengapa kamu tak kunjung berhasil)

Salah satu kunci sukses adalah Percaya diri. 



Apa Kata Quotes?


A BIRD SITTING ON THE TREE
Burung yang bertengger di atas dahan pohon

ARE NEVER AFRAID OF 
THE BRANCH BREAKING
tak pernah takut jika dahan itu patah

BECAUSE HER TRUST IS NOT 
ON THE BRANCH
karena dia tidak menyandarkan diri pada kekuatan dahan 

BUT ON IT'S OWN WINGS
tapi pada kemampuan sayapnya

ALWAYS BELIEVE IN YOURSELF
Percayailah dirimu selalu

Kepercayaan diri itu harus dimiliki.


Kalau mau sukses, harus punya kunci kesuksesan, salah satunya adalah percaya diri. Pada quote di atas di jelaskan bahwa seekor burung, tak pernah takut bertengger di atas dahan dan tak pernah khawatir dahan itu patah dan mencelakainya. Karena dia tak mengandalkan kekuatan dahan untuk keselamatannya tapi mengandalkan kekuatan sayapnya untuk menyelamatkan diri saat dahan itu patah.

Seekor burung meskipun ukurannya kecil tak pernah berharap banyak pada dahan yang besar, kuat dan kokoh untuk menopangnya. Karena dahan itu, meskipun kelihatan luar biasa tapi berada di luar dirinya dan di luar kontrolnya. Dahan suatu ketika akan patah dengan sebab yang beraneka, burung sangat tahu itu. Tapi dia siap, jika suatu ketika dahan itu patah, dia tahu apa yang harus dilakukannya. Dahan yang rapuh dan sewaktu-waktu bisa patah tak menghalangi burung untuk bertengger di atasnya. Karena pohon adalah habitatnya, tempatnya mencari makan dan mencari hiburan, bahkan beberapa burung meletakkan sarangnya di situ.

Begitu juga dengan manusia.. Jika menggantungkan diri pada sesuatu yang ada di luar diri (lingkungan) dan di luar kontrol kita, yakinlah anda tak akan berhasil. Karena apa yang terjadi di luar akan tetap terjadi meskipun kita tak menginginkannya. Sementara untuk sukses kita harus memegang kendali agar segala sesuatu berjalan seperti apa yang diharapkan. Karena itu carilah sesuatu yang bisa kamu kontrol dan kendalikan..yaitu diri sendiri.

Jika memang niat untuk sukses, bekerjalah menuju kesuksesan. Apapun yang terjadi di luar diri biarlah terjadi, manfaatkan itu untuk mendukung jalan menuju kesuksesan. Orang boleh mengkritik, pemerintah boleh berganti, kebijakan boleh berubah tapi jika kita punya keyakinan akan kemampuan diri maka semua itu tak akan mempengaruhi apapun. Jalan menuju kesuksesan terbentang lebar, tapi jalan itu akan tetap sebagai jalan biasa jika kita tak berani melaluinya dan menghadapi semua rintangan sepanjang perjalanan itu. 

Untuk sukses jangan pernah bergantung dan mengandalkan hal-hal di luar diri. Karena hal-hal di luar diri tak bisa kita kendalikan. Yang bisa kita kendalikan adalah diri sendiri agar bisa menyesuaikan dengan kejadian di luar. Teori evolusi menjelaskan bahwa yang bisa bertahan bukan yang paling kuat, tapi yang paling bisa beradaptasi/menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan. (baca : percaya diri itu gampang)

Jika kita percaya pada kemampuan diri, apapun kondisi lingkungan baik menguntungkan maupun merugikan, kita selalu bisa memanfaatkannya. Karena kita lah yang mempengauhi lingkungan bukan sebaliknya. Biar 10 kali presiden berganti, biar tiap tahun ganti menteri, biar kebijakan terus berubah, jika kita bisa menyesuaikan diri dan tetap memegang kendali, maka kesuksesan bukan mimpi.. Tapi jangan juga overconfidence alias kelebihan pede akhirnya tak memperhitungkan resiko. (baca : 20 kesalahan besar yang  dilakukan anak muda jaman sekarang).

Agar bisa percaya diri, fokuslah pada sesuatu yang menjadi kelebihan kamu dan kembangkan itu, tunjukkan kemampuanmu, raih prestasi, terima pengakuan dan penghargaan dari orang lain tapi tetap rendah hati. (baca : bagaimana belajar untuk fokus?). Jika belum tahu apa kelebihanmu, tanyakan diri apa yang paling suka kamu kerjakan dan di bidang mana kamu mampu berkarya lebih baik dari orang lain. 

Teruslah percaya pada diri. Jika kamu saja tak percaya pada dirimu apalagi orang lain? (baca : seberapa pentingkah rasa percaya diri itu?)

Salam...

No comments:

Post a Comment