Friday 8 April 2016

Tips Ngindarin Debat Kusir.

Debat kusir, debat yang gak mutu!

Debat kusir kalo menurut kamus sih, debat yang tidak disertai alasan yang jelas. Debat kusir juga dimaknai sebagai perdebatan yang tak jelas ujung pangkalnya. Semakin lama semakin gak jelas pihak mana yang benar, mana yang salah karena masing-masing ngerasa dirinya benar. 

Saya juga kurang paham kok kusir dibawa-bawa di sini? Padahal kan kusir gak pernah debat sama siapa-siapa, tugasnya cuma mengendarai kuda supaya laju jalannya.. kaya'.. lagu naik delman :). 

Debat kusir itu debat yang gak mutu, karena tiba-tiba saja terjadi perdebatan tanpa jelas alasannya. Udah gitu gak selesai-selesai alias gak ada solusinya karena yang berdebat memang gak pengen nyari solusi, hanya buat ngebuktiin kalo dirinyalah yang paling benar dan pihak yang lain salah..!!

Jadi debat kusir itu debat yang bikin cape'. Gimana gak cape' coba, ngerahin tenaga dan emosi yang super hebat untuk sesuatu yang gak jelas. Kalo pengen ngebuktiin diri kita benar trus orang lain salah, apa untungnya coba? Paling kita cuma nyakitin hati orang trus bisa-bisa malah kehilangan kawan. Belum lagi kalo ternyata kita pihak yang salah, trus orang lain yang benar. Kita pasti berusaha ngebela diri biar gak malu-maluin dan mangkel setengah mati sama lawan debat kita.

Jadi karena debat kusir itu gak mutu dan bikin cape' mending kalo ada yang ajak debat kusir, tinggalin aja. Emang bisa debat kalo gak ada lawannya? Kalo mo debat kusir debat aja sama tembok, pasti menang! Tembok mah pasrah aja dan gak bakal melawanmu, cuma orang lewat aja yang pada curiga kalo kamu sudah lumpuh ingatannya alias setengah waras...

Apa kata Quotes?




EXPLAIN YOUR ANGER, DON'T EXPRESS IT
Jelaskan alasan kemarahanmu, 
Jangan malah menunjukkannya

AND YOU WILL IMMEDIATELY OPEN THE DOOR
Dan kamu akan segera membuka pintu

FOR SOLUTIONS INSTEAD OF ARGUMENTS.
untuk solusi dibanding debat

Jelaskan alasan kemarahanmu
  • Kenapa kamu marah? Kenapa kamu merasa tak nyaman? Kenapa kamu merasa tersakiti? Sampaikan alasannya dengan suara yang jelas dan sikap yang tenang. Sampaikan kepada orang yang kamu anggap menyakitimu agar dia paham bahwa kamu marah, merasa tak nyaman dan merasa tersakiti dengan sikapnya. 
  • Dengarkan penjelasannya, kenapa dia bersikap begitu. Biarkan dia menyelesaikan kalimatnya, jangan dipotong, jangan disela, apalagi langsung menghakimi. Jika kamu menjelaskan dengan tenang dan mendengarkan alasan dari pihak lain dengan tenang pula, maka tak akan ada debat kusir. Karena kalian berusaha untuk saling memahami alasan masing-masing. Kalo alasannya jelas, pasti tak akan terjadi debat kusir, bukan? Lihat defenisi debat kusir di atas...!

Tak usah menunjukkan kemarahan.
  • Tak perlu angkat suara tinggi-tinggi, mata merah, badan gemetar, tangan nunjuk-nunjuk hanya buat nunjukin ke orang lain kalo kamu lagi marah. Tujuannya adalah kamu ingin orang lain tahu bahwa kamu lagi marah karena sikapnya mengganggumu. Tunjukkan secara elegan kalo kamu mau dia tahu, sikapnya mengganggumu. 
  • Kalo dia jadi marah dan mulai memaki-maki dengan segala macam ucapan yang gak enak dikuping, jangan ikut terpancing. Karena kalo terpancing minimal akan terjadi debat kusir yang berujung pada pertengkaran hebat atau perkelahian.
  • Orang yang bisa mengontrol kemarahannya bakal menang, meski keliatannya dia kalah karena sikapnya tenang dan gak bereaksi berlebihan. Minimal gak cape' teriak-teriak, gak perlu luka hati apalagi luka fisik karena dia udah nyiapin diri untuk tenang dan mencoba bicara baik-baik.

Maka akan terbukalah pintu untuk solusi dari sekedar debat kusir.
  • Jika kedua belah pihak tenang, atau satu aja yang tenang dan tidak terpancing untuk membuat kegaduhan, maka komunikasi bisa jalan. Kalo satu pihak tetap tenang, meski pihak lainnya berang pasti lama-lama nada suaranya akan menurun. Gak mungkin dong teriak-teriak sendiri, sementara lawan bicara adem ayem aja.
  • Kalo kedua pihak udah saling ngomong alasan masing-masing, bakal terbuka pintu buat nyari solusi. Memang bukan hal yang mudah menahan diri untuk gak marah jika seseorang buat kita gak nyaman. Tapi mikir deh, emang kalo kita meledak marah, masalahnya selesai? Kalo kita marah trus lawan bicara lebih marah.. tau sendiri deh apa yang akan terjadi selanjutnya. Bahkan mereka yang bertanding tinju, karate, kempo, yudo, tetap saling menghormati dan sportif mengakui keunggulan lawannya, meski saat di arena saling banting dan saling serang. Hanya binatang yang berusaha mengalahkan lawannya dengan segala cara. Kenapa? Karena binatang gak punya akal. Mereka sih gak debat lagi tapi langsung action..saling serang!!!
  • Debat kusir bisa dihindari kalo ada kesediaan dari masing-masing pihak untuk menahan diri dan gak fokus pada masalahnya. Gak fokus pada siapa yang benar, siapa yang salah. Tapi fokus pada solusinya. Debat gak akan menyelesaikan masalah, malah bisa bikin masalah tambah runyam.
  • Bersedialah menjelaskan alasan kemarahan, berusahalah tidak menunjukkan kemarahan secara agresif dan bersedialah untuk mendengarkan penjelasan orang lain, jauhi sikap menghakimi, hargai perbedaan, dan cari solusi yang membuat kedua pihak nyaman, maka debat kusir pasti bisa dihindari. Bukan status menang kalah atau benar salah yang dicari, tapi solusi yang memenangkan semua pihak atau minimal solusi yang tidak merugikan kedua atau salah satu pihak.
Kalo mau debat kusir..mikir-mikir dulu deh !

No comments:

Post a Comment