Thursday 27 October 2016

Kategori Yang Disebut TEMAN Itu Yang Begini..

Semua orang punya teman.


Siapa sih yang di dunia ini yang gak punya teman? Bagaimanapun pendiam dan kalemnya seseorang pasti dia punya teman, minimal satu orang. Anda, saya dan kita semua punya teman. Setidaknya itu pengakuan kita. 

Bergaul dan berteman itu kebutuhan. Karena kita mahluk sosial, butuh dan dibutuhkan orang lain. Kebutuhan itu  udah melekat dan ada sejak kita lahir. Coba deh  perhatiin balita yang berdekatan dengan balita lainnya. Mereka otomatis langsung nyambung, bermain bersama dengan bahasa yang hanya mereka yang bisa mengerti.

Kemampuan untuk membina hubungan pertemanan udah ada dalam diri kita. Tapi kok banyak juga kisah teman makan teman, penghianatan yang dilakukan oleh teman? Di mana salahnya? Yang salah sebenarnya bukan hubungan pertemanannya tapi kita salah dalam memilih teman...




Apa kata Quotes?


A FRIEND IS SOMEONE 
WHO GIVES YOU
(Teman adalah seseorang yang memberi kamu)

TOTAL FREEDOM TO BE YOURSELF
(kebebasan penuh untuk jadi diri sendiri)


Teman memberimu kebebasan


Inilah kategori yang disebut teman... Mereka memberimu kebebasan.
Kebebasan untuk menjadi diri sendiri. Karena mereka menerimamu sebagai temannya bukan karena segala hal di luar diri kamu tapi karena segala hal yang melekat dan ada pada dirimu. Kamu lucu, menyenangkan, peduli, bertanggung jawab, bisa berbagi, bisa mendengarkan adalah beberapa kualitas yang dimiliki seseorang yang membuat orang lain tertarik untuk menjadi temannya.

Ada juga yang mau berteman denganmu hanya karena kamu populer, cantik, pintar, anak orang kaya, anak pejabat, punya mobil, punya duit banyak, suka mentraktir. Ini teman juga, bedanya mereka gak melihat kamu sebagai sebuah pribadi tapi embel-embel yang melekat pada dirimu. Mereka merasa menjadi sama pentingnya dengan dirimu karena embel-embel itu. Jadi jangan heran jika hatinya berpaling saat kamu sudah kehilangan embel embel itu.

Ada juga yang mau berteman denganmu karena memiliki kepentingan tertentu. Dia butuh contekan saat ujian misalnya, dia butuh kaki tangan buat ngelakuin hal-hal ilegal, dia butuh supir buat nganterin dia kemana-mana, dia butuh tukang buat perbaikin semua kesalahan yang dibuatnya. Jadi jangan heran dengan mudah dia bakal membuangmu kalo kepentingannya udah terpenuhi.

Ada juga yang mau temenan sama kamu hanya karena kamu punya sesuatu yang dia mau. Dia butuh kamu karena kamu nguntungin dia. Teman yang kek gini adalah pebisnis sejati. Kamu akan dipertahankan selama kamu masih menguntungkan. Kalo udah gak kamu hanya tinggal kenangan saja baginya..

Jadi mengapa ada teman yang rela menghianati dan menyakiti?
Itu karena hanya kamu yang merasa jadi temannya sementara dia tidak. Dia memanfaatkanmu untuk memperoleh keinginannya. Jika sudah dia dapatkan dia gak butuh kamu lagi. Dia gak menghianati kamu, tapi kamu yang berharap terlalu banyak padanya..

Hati-hati memilih teman..


Karena kamu bisa sukses, berhasil dan bahagia kalo kamu memilih teman yang tepat. Kamu juga bisa jatuh, nyungsep terjerembab, gagal dan menderita karena salah memilih teman.
Teman yang memberimu kebebasan menjadi diri sendiri adalah teman yang sesungguhnya, mengapa? Alasannya adalah :

1) Mereka menerimamu apa adanya.

Mereka tau kalau kamu cengeng, pecicilan, suka norak dan gak punya malu. Tapi itulah yang membuatmu menarik di matanya. 
Mereka tau kalo kamu suka kentut sembarangan, mereka menerima itu sebagai bagian dari dirimu, meski mereka juga sering jadi korban karena bau kentutmu yang gak sopan itu. 
Gak ada orang lain yang kayak kamu, itu yang mereka suka. Kamu unik dan menarik sebagaimana adanya dirimu.

2) Mereka gak ingin merubahmu.

Kamu gak perlu berubah menjadi orang lain saat bersama mereka. Mereka gak ingin merubahmu menjadi seseorang yang lain karena itu bukan kamu. Kalian menyatu justru karena perbedaan itu, karena keunikan itu.. Kalian mungkin meminati hal yang sama tapi itu gak perlu membuat kalian menyamakan kepribadian juga.

3) Mereka tahu potensi dan kelemahanmu.

Mereka tau kamu punya potensi karena itu mereka berusaha agar kamu bisa memunculkan potensi terbaikmu dan menaklukkan dunia. Mereka juga tahu kalau kamu punya kelemahan dan mereka tak segan-segan menunjukkan kelemahan itu tanpa ada niat menghakimi atau menjelekkan dirimu.

4) Mereka nyaman bersamamu dan membuatmu nyaman bersamanya.

Karena penerimaan pada diri seseorang, pemberian kebebasan mutlak pada diri seseorang untuk menjadi dirinya sendiri adalah sikap yang memberikan ketentraman hati. Betapa tidak, banyak masalah yang terjadi dalam hubungan antar manusia disebabkan karena terlalu banyaknya tuntutan untuk menjadikan orang lain sesuai keinginannya.
Tuntutan membuat siapapun gak nyaman. Baik bagi yang menuntut ataupun yang dituntut. Memang gak salah sih mengharapkan yang terbaik dari orang lain, tapi yang paling baik adalah menerima orang lain apa adanya sehingga dia bisa nyaman dengan dirinya dan memunculkan potensi terbaik miliknya..

Sudah menemukan teman yang model begini? Kalo kamu masih merasa menjadi orang lain saat bersama teman-temanmu artinya kamu masih belum menemukan teman sesungguhnya. Kamu dan mereka masih mengenakan topeng topeng kepalsuan. Pertemanan kalian itu tidak nyata. Ada motif tertentu selain hanya sekedar berteman saja..
Temukan teman sesungguhmu yang bisa membuatmu nyaman dengan jadi diri sendiri...Bisa jadi mereka ada di sekitarmu. Yang perlu kamu lakukan hanya menemukannya..

Salam....

No comments:

Post a Comment