Thursday 20 October 2016

Mengapa Kita Harus Jatuh?

Jatuh itu sakit.


Lagi asyik-asyiknya jalan tiba-tiba ada batu yang bikin kamu kesandung dan jatuhlah kamu terjerembab mencium tanah air tercinta. Sakit? So..pasti !
Lalu apa yang kamu lakukan selanjutnya? Ya.. bangkit setelah ngutuk-ngutuk batu yang tiba-tiba aja ada, entah datang darimana dan jadi penyebab kamu tersandung. Untung aja lukanya gak parah, kalo sampe harus masuk UGD dan dirawat gak mungkin dong kamu nuntut batu itu bertanggung jawab..Wong bergerak aja gak mampu, apalagi bayar tagihan?

Padahal tuh batu emang udah dari sononya di situ, kamu aja yang gak liat karena asik ngayal. Akhirnya kamu gak fokus dengan kondisi jalan yang kamu lewati. Tersandung dan terjatuhlah kamu dengan sukses.

Jatuh itu sakit, bahkan jatuh cinta pun sakit, kalo cinta ternyata ditolak. Semua orang udah tahu kali'... Karena itu sedapat mungkin setiap orang bakal ngindarin semua perilaku yang berujung pada kata jatuh. Jatuh bangkrut, jatuh terperosok, jatuh terjerembab dan jatuh-jatuh lainnya.. termasuk jatuh hati pada seseorang yang ternyata gak jatuh hati sama kamu.

Sebenarnya kenapa sih kita mesti jatuh..?



Apa kata quotes?


WHY DO WE FALL?
(Mengapa kita jatuh?)

SO THAT WE CAN LEARN
(Agar kita bisa belajar)

TO PICK OURSELVES UP
(untuk bangkit dari kejatuhan)


Kenapa kita mesti jatuh?


Agar kita bisa belajar untuk bangkit
Emang bisa bangkit kalo gak jatuh? Makanya Tuhan sengaja ngasi kita kejatuhan, bahkan bikin kita nyungsep, terjerembab mencium tanah. Posisi yang tadinya di atas jadi kebalik karena jatuh. Setelah jatuh masa' mesti pasrah, ya.. kudu bangkit dong. Minimal nyari penyebab mengapa kita jatuh?

Usaha jadi bangkrut, jabatan disabet orang, rumah dan kendaraan disita, semua itu kejatuhan yang kudu bikin kita belajar untuk bangkit. Lha iya.. wong menangisinya tak akan membuatnya kembali...iya kan? 

Agar kita tahu gimana rasanya di bawah
Kalo kita terus menerus di atas kita pasti liat orang di bawah tuh keciiiiil dan nganggap remeh. Sekalinya kita jatuh kita jadi tau gimana rasanya di posisi bawah, gimana rasanya dianggap remeh, dianggap kecil sama orang... 

Ini terjadi agar kita gak lupa diri saat berada diposisi puncak, agar kita bisa menghargai mereka yang ada di bawah, yang mensupport kita. Kita gak semena-mena dan menghargai mereka.

Ada sesuatu di bawah yang perlu kita lihat.
Tuhan pengen kita lebih cermat meneliti dan menata hidup kita. Kenaikan dan kejatuhan adalah kemutlakan, pergantian posisi yang sering dipergilirkan Tuhan untuk kita rasakan. Memang di atas itu terasa nikmat, nyaman, enak dan memabukkan tapi di bawah banyak hal yang buat kita belajar untuk menjadi insan terbaik kehidupan..

Saat jatuh tak perlu sedih atau mencak-mencak...!!

Salam..

No comments:

Post a Comment