Thursday 12 May 2016

Alasan Kenapa Orang Susah Berubah.

Berubah itu harus...


  • Kenapa kita harus berubah? Karena perubahan itu identik dengan kemajuan. Dulu kita hanyalah anak-anak yang selalu punya rasa ingin tahu. Tubuh kita berubah dan berkembang menjadi lebih besar, menjadi remaja dan dewasa.
  • Kita tak bisa menolak perubahan. Zaman pun berubah, pola pikir dan gaya hidup terus berkembang. Zaman sekarang pasti beda dengan zaman kakek nenek kita dulu. Agar bisa bertahan hidup kita harus mengikuti perubahan tersebut, atau istilah Bapak Evolusi Charles Darwin beradaptasi alias menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Jika sekarang perangkat teknologi banyak digunakan untuk memudahkan hidup kita, berusalah belajar menggunakannya dan gak gaptek.
  • Tapi ada lho orang yang gak bisa berubah. Mau ada kejadian apa di luar kek, dia bakalan tetap keukeuh dengan dirinya dengan kebiasaan lamanya. Mereka ini menolak perubahan dan suka dengan status quo alias kondisi nyaman yang pernah dirasakannya.


Apa kata Quotes?



ONE REASON PEOPLE RESIST CHANGE IS
Satu alasan kenapa orang menolak untuk berubah

BECAUSE THEY FOCUS ON WHAT THEY HAVE 
TO GIVE UP
Karena mereka fokus pada apa-apa yang harus dikorbankan

INSTEAD OF WHAT THEY HAVE TO GAIN
daripada apa-apa yang akan didapatkannya

Perubahan identik dengan pengorbanan

  • Agar bisa lebih baik dari diri kita sebelumnya, kita harus berubah. Harus lebih banyak waktu yang digunakan untuk belajar, untuk mengembangkan diri, memperbaiki apa yang salah dan mempertahankan apa yang sudah benar. Akan ada biaya yang dikeluarkan untuk kursus, training, sekolah, membayar guru dan sebagainya.
  • Agar bisa sehat jiwa dan raga, kita harus mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup yang lebih sehat. Berhenti merokok, mengatur pola makan sehat, nyiapin waktu olahraga, yoga, meditasi. Harus bersedia diet, bersedia mengontrol keinginan merokok dan makan berlebihan. Kalau perlu ngeluarin duit buat jadi member gym, membayar instruktur olahraga atau rajin konsultasi dengan dokter dan ahli gizi.
  • Pengorbanan adalah harga yang harus kita bayar demi perubahan diri yang lebih baik, lebih sehat, lebih senang dan bahagia.
  • Tapi banyak orang yang gak sanggup berubah, bukan karena mereka gak mau tapi karena mereka gak bisa berkorban. Mau kurus tapi ogah diet, emoh olahraga dan gak bisa mengontrol kebiasaan merokok dan jajan. Pasti perubahan hanya sebatas keinginan saja.


Kenapa orang susah berubah?


(1) Karena fokus pada besarnya pengorbanan yang harus dia lakukan.
  • Banyak orang gak mau mengorbankan kebiasaan-kebiasaan yang sudah menjadi bagian dirinya sejak dulu. Meskipun kebiasaan itu merugikan dirinya. Dia sudah kadung enak mengisap rokok kapanpun dia mau. Sudah kadung gandrung dengan makanan enak yang siap santap kapan pun dia lapar. Meski kebiasaan itu ujung-ujungnya membuat tubuhnya sakit dia pasrah aja. Dia gak bisa ngebayangin gimana rasanya gak ngisap rokok dan gak makan enak.
  • Karena besarnya pengorbanan yang dia bayangkan harus dia lakukan dan yang namanya pengorbanan pasti gak enak dong, akhirnya dia susah berubah dan susah diarahkan untuk berubah.

(2) Karena perubahan butuh waktu.
  • Perubahan itu butuh proses, butuh waktu untuk membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang jauh berbeda dengan kebiasaannya sebelumnya. Banyak orang yang gak sabar menunggu hasilnya. Pengen kurus, baru diet 2 hari tapi berat badan gak turun ato cuma turun sedikit, jadi kesal dan akhirnya batal diet.
  • Perubahan itu butuh waktu agar kita bisa membiasakan diri pelan-pelan. Perubahan drastis pasti bikin kaget bukan?

(3) Karena hasil yang didapat dianggap gak sebanding dengan pengorbanan yang dilakukan.
  • Banyak orang yang sulit berubah karena merasa apa yang harus dia korbankan tidak sebanding dengan hasilnya. Dia merasa pengorbanannya jauh lebih besar. Dia merasa harus kerja keras, ngorbanin banyak hal tapi hasilnya belum tentu sesuai harapan.
  • Wajar saja jika akhirnya memilih untuk gak berubah dan susah diyakinkan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Karena tantangan terbesar yaitu dirinya susah untuk ditaklukkannya.
Jadi kalo kamu nemuin orang yang susah untuk berubah, meskipun dia bilang punya keinginan, bisa saja karena disebabkan oleh ketiga hal di atas.

Salam..

No comments:

Post a Comment