Friday 20 May 2016

Inilah Permintaan Maaf Yang Paling Ampuh !

Maaf bukan hanya di bibir saja...


Ya.. iyalah, maaf itu bukan hanya terhenti di bibir, tapi harusnya menyentuh hati orang yang terluka karena sikap kita. Permintaan maaf adalah ungkapan tulus dari dalam hati kalau kita :

  1. mengakui melakukan perbuatan / mengucapkan perkataan yang bikin orang lain terluka, sakit hati dan merasa tidak nyaman.
  2. meminta agar orang lain bersedia memberi maaf atas perlakuan/perkataan kita yang sengaja ataupun tidak sengaja kita lakukan / katakan.
  3. menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna dan siapapun bisa berbuat salah, termasuk kita. Kekhilafan adalah sifat manusia.
  4. menghargai hubungan di atas segalanya, sehingga bersedia mengakui kesalahan dan meminta kerelaan orang lain untuk memaafkan kesalahan itu. Karena kita tahu hubungan  tak akan pernah berjalan dengan baik jika salah satu pihak menyimpan kekesalan dan rasa tak nyaman.
  5. bersedia menerima apapun hasilnya. Jika orang lain berkenan untuk memaafkan, itu memang harapan kita dan berharap hubungan dengannya kembali membaik. Tapi jika orang lain tidak bersedia, itulah kenyataan yang harus diterima. Jangan berkecil hati, siapa tahu dia butuh waktu untuk memikirkan kembali semuanya dan berharap seiring dengan waktu kebekuan hatinya akan mencair dan bisa memaafkan kita.



Apa Kata Quotes?


THE BEST APOLOGY IS
Permintaan maaf yang paling ampuh adalah

CHANGED BEHAVIOUR
Merubah kelakuan


Banyak orang yang tak sudi memaafkan


Ini beberapa alasan mengapa orang tak sudi memaafkan kesalahan kita.

(1) Sakitnya tuh di sini.
  • Sakitnya masih berasa dan tak mudah melupakan kelakuan kita. Semuanya masih teringat jelas di kepalanya dan masih berbekas di hatinya. Perasaannya masih hancur berkeping-keping dan bukan hal mudah menyatukan kepingan hati yang terlanjur berantakan itu.
  • Contoh, seorang cewek yang harus menerima kenyataan kalo pacarnya selingkuh dengan sahabatnya sendiri, bukan hal yang mudah baginya untuk memaafkan mereka meski keduanya menyadari kesalahan dan minta maaf kepadanya. Perasaan sakit karena merasa dikhianati oleh 2 orang yang sangat dipercayainya itu jadi berlipat dan tak mudah dihapuskan begitu saja.

(2) Takut dikecewakan lagi.
  • Seseorang yang terlanjur merasa tersakiti, sangat rentan dan sangat tak percaya diri. Mereka sebelumnya sangat percaya bahwa orang lain menyukainya seperti halnya dirinya menyukai mereka, dan berpikir tak mungkin mereka akan menyakiti dirinya. Ternyata kenyataan memperlihatkan lain. Dia disakiti dan kecewa.
  • Jika kita yang menyakitinya tiba-tiba datang mengakui kesalahan dan memberanikan diri meminta maaf, ada sisi ragu dalam hatinya. Dia belum sepenuhnya yakin bahwa kita betul-betul minta maaf dan merasa menyesal atas apa yang kita lakukan. Mereka enggan menerima maaf kita, bukan karena dia jahat dan menyimpan dendam tapi karena takut dikecewakan dan disakiti lagi.

(3) Tak yakin apa kita bisa berubah.
  • Seseorang yang sudah terlanjur dikecewakan dan disakiti, misalnya seperti contoh di atas, pacarnya main gila dengan sahabatnya sendiri, sudah mencap orang yang menyakitinya sebagai manusia paling brengsek sedunia. Jika tiba-tba si brengsek ini datang dan minta maaf, dia tak yakin kalo dia tulus dan bersedia untuk merubah kelakuannya, yaitu berhenti selingkuh dan akan setia selamanya.
  • Bukankah sikap itu karakter yang melekat pada diri seseorang dan merubahnya tidak mudah?

Permintaan maaf terampuh adalah lewat kelakuan.


Itu sebabnya permintaan maaf terampuh bukan lewat rangkaian kata-kata manis dan puitis dibumbui sedikit gombal dan rengekan. Tapi lewat tingkah laku. Sikap kita akan langsung terbaca oleh orang lain meski kita tak menjelaskan apapun. Karena sikap dan kelakuan itu jauh lebih dipercaya daripada kata-kata.

Jika melakukan kesalahan pada orang lain, segeralah minta maaf dan perbaiki diri. Jika selama ini kita menyakiti hatinya meskipun secara tak sengaja, introspeksi diri, lakukan perbaikan dan rubah diri menjadi orang yang lebih baik, yang tidak gampang menyakiti hati orang lain. Rubah diri menjadi orang yang diharapkannya.

Bagi yang tukang selingkuh, berhenti selingkuh dan setia pada pasangan adalah permintaan maaf yang paling ampuh. Bagi yang suka bohong, menjadi jujur adalah permintaan maaf yang paling top. Berkali-kali meminta maaf tapi berkali-kali juga mengulangi kesalahan yang sama, akan menghilangkan kepercayaan orang lain. Sekali kepercayaan itu hilang akan susah memperolehnya kembali. Siapa yang mau berteman dengan orang yang tak bisa dipercaya?

Salam...

No comments:

Post a Comment