Friday 27 May 2016

Beda Orang Intelek dan Idiot.

Intelek versus Idiot


Suka kesal gak sih ada yang nuduh kamu idiot? Biarpun kamu gak pinter-pinter amat tapi kamu juga gak ngerasa bego banget sampe harus menyandang gelar idiot. Kamu juga gak yakin kalo yang nuduh kamu itu jauh lebih pinter, lebih intelek, lebih jago dari kamu. Tapi tetap aja sakitnya tuh di sini, kalo ada yang bilang bego, seolah-olah otak kamu itu gak nyampe dan gak bisa diajak diskusi.

Sebenarnya orang pinter dan orang bego itu keharusan yang musti ada di dunia. Soalnya mereka saling melengkapi. Kenapa seseorang disebut pinter, cerdas, smart, intelek, karena ada pembandingnya, yaitu si bego, bodo, pandir, idiot itu tadi. Jadi yang pinter jangan sombong dulu, karena mereka gak akan disebut pinter tanpa orang bego di sekitarnya.  Bukankah kita semua terlahir sama, dalam keadaan gak tahu apa-apa. Pengalaman hidup dan pilihan lah yang ngajarin seseorang buat jadi orang pinter ataupun orang bego. Yang bego gak perlu berkecil hati juga, bukankah kehadiran mereka memberi ruang buat yang pinter berbagi ilmu? 

Apa kata Quotes?


THE SIGN OF INTELLIGENCE IS THAT 
Tanda-tanda orang pintar adalah

YOU ARE CONSTANTLY WONDERING
Mereka terus menerus ingin tahu dan selalu bertanya

IDIOTS ARE ALWAYS DEAD SURE 
Sementara orang idiot terlalu yakin

ABOUT EVERY DAMN THING
tentang segala sesuatu 

THEY ARE DOING IN THEIR LIFE
yang terjadi dalam hidup mereka



Kenapa orang intelek itu pinter.


(1) Gak pernah puas
  • Karena mereka gak pernah puas dengan apa yang terjadi di sekitarnya. Mereka selalu mencari tahu apa yang terjadi, bagaimana sebuah fenomena timbul, atau kejadian apapun yang terjadi dalam hidupnya. Mereka selalu mencari perbandingan, pendapat kedua atau apa saja yang menguatkan sebuah teori.
(2) Selalu cari tahu.
  • Dia tak langsung percaya dengan apa yang dikatakan orang lain padanya. Dia mencari sendiri dari sumber-sumber yang menurutnya bisa memberikan informasi yang benar kepadanya. Semakin banyak informasi yang diterima, semakin mudah baginya untuk mempercayai kebenaran informasi tersebut.
(3) Tak pernah berhenti belajar.
  • Tak ada kata berhenti belajar, karena semakin banyak yang dia pelajari semakin banyak pula yang membuatnya ingin lebih mendalami hal tersebut. Dia selalu meminati hal-hal baru dan selalu ingin tahu lebih banyak tentang hal-hal baru itu.

Kenapa orang idiot itu bego?


(1) Sok tahunya besar.
  • Kalo orang pintar itu bilang tahu, artinya memang dia paham tentang sesuatu hal. Sementara orang bego, sebenarnya dia gak tau apa-apa tapi dia meyakinkan dirinya kalo dia tahu. Akibatnya dia gak pernah maju-maju alias jalan di tempat. Kalo sudah tahu apa gunanya lagi bertanya atau mencari tahu? Bukankah begitu? Akhirnya ilmunya jadi terbatas.
(2) Selalu yakin dengan dirinya.
  • Orang bego selalu yakin dengan apa yang dilakukannya meskipun yang dilakukan itu salah. Karena dia yakin kalo itu benar. Akhirnya apa yang dilakukannya gagal, gak berhasil, gak sesuai harapan, karena dia memang gak tau apa yang dilakukannya. Dia gak merasa perlu mencari tahu dan mencari informasi sebelum melakukan sesuatu karena dia sudah terlanjur yakin dengan apa yang dilakukannya.
  • Keyakinan diri itu bagus, tapi jika disertai ilmu. Kalo asal yakin tapi gak punya ilmu di situ, itu namanya nekat.
(3) Gak merasa perlu belajar.
  • Satu hal yang pasti bagi orang idiot/bego adalah mereka gak merasa dirinya bego atau memiliki kemampuan di bawah rata-rata. Mereka merasa normal dan cerdas menurut kriteria yang mereka tentukan sendiri. Akhirnya karena merasa pintar mereka gak merasa perlu untuk belajar, kursus, les atau usaha lainnya yang tujuannya menambah ilmu.
  • Kalo mau jelas bagaimana agar tidak menjadi orang yang kemampuannya rata-rata, silakan baca artikel ini.
Itulah beda orang intelek dan idiot, mudah-mudahan dapat pencerahan ya Guys..!

No comments:

Post a Comment