Tuesday 29 November 2016

Tunjukkan Kelasmu Dengan Tindakan

Apa gerangan yang menentukan kelasmu?


Konon masyarakat di bagi menjadi kelas bawah, kelas menengah dan kelas atas. Saya kira gak perlu dijelasin siapa-siapa yang masuk di kelas-kelas ini, semua udah paham kali'. Kelas atas adalah mereka yang kantongnya tebel, punya duit, bisa beli apa aja, hidupnya bergelimang harta dan kemewahan. Mereka yang masuk kelas bawah kebalikannya. Kantongnya bolong, bokek melulu, penghasilan pas-pasan, hidup megap-megap bahkan seringkali ngutang buat nutupin biaya hidup. Kelas menengah adanya di tengah gak kaya tapi miskin juga gak, gaya hidupnya sedang-sedang saja.

Tapi apa bener kelas seseorang ditentukan oleh seberapa banyak isi kantongnya? Jadi orang kaya dan berpunya kelasnya tinggi dan yang lain gak selevel ama mereka. Biar bisa sekelas ya kudu manjat dulu. Kok keknya gak adil ya.. Apa iya kualitas kita ditentuin oleh seberapa kaya kita? Kalo gak kaya-kaya, gak bisa naik kelas dan gak berkualitas gitu?



Apa kata quotes?


SHOW YOUR CLASS WITH YOUR ACTIONS
(Tunjukkan kelasmu dengan tindakan)

NOT YOUR THINGS
(bukan barang/kepunyaanmu)

Tindakan yang nentuin kelas bukan barang..


Kamu boleh banget jadi kaya, boleh punya duit banyak, boleh bergaya hidup wah tapi kalo kamu nganggap semua itu nentuin kelasmu, kamu bakal kecewa. Karena harta, barang dan benda-benda bisa habis, bisa pergi, bisa ninggalin kita. Kalo bangkrut, kecurian, ditipu, dijual bukankah itu jalan perginya barang-barang yang kamu banggakan? Trus kalo barang-barang itu pergi apa kamu jadi gak berharga, kelasmu langsung melorot ke titik terendah??? Kamu pasti kecewa kalo ngalamin perubahan nasib yang drastis kek gitu. Kamu pasti bakal ngerasa gak berharga kalo kualitas dirimu disejajarkan dengan benda atau barang. 

Tunjukkan kualitas dirimu dari cara berpikir dan cara bertindak. Orang juga bakal ngehargain kamu seperti apa seharusnya. Beda kalo kamu ngandalin harta buat nunjukin kelasmu, orang pun bakal memperlakukanmu sama persis dengan kamu ingin diperlakukan, memandang hartamu. Kalo kamu banyak harta dan royal sama mereka kamu dapetin apa yang kamu butuhin, penghargaan dan teman. Tapi kalo kamu jatuh melarat, otomatis kamu pun kehilangan penghargaan dan orang yang kamu anggap teman selama ini. Gak ada keuntungan berteman sama kamu lagi. Kelasmu sudah beda karena yang nentuin levelmu udah gak ada lagi.

Kalo kamu sopan, baik hati, gak sombong serta percaya diri adalah kualitas yang selalu ada dalam dirimu, terus melekat dan jadi bagian dari karaktermu. Tindakan yang dilandasi rasa percaya diri, tanggung jawab dan kebaikan hati jauh lebih abadi daripada sekedar mengandalkan harta. Orang baik yang selalu menebar kebaikan pun akan menuai kebaikan, di mana saja dia berada. Kelasnya tetap sama dan gak akan berubah, meskipun hartanya habis dan jatuh miskin. Orang tetap bakal nyari dan dekat-dekat sama dia, karena kualitasnya jauh di atas harta bendanya.. Tindakannya selalu bisa diandalkan dalam segala situasi...

Salam...

No comments:

Post a Comment