Friday 2 September 2016

Bagaimana Menciptakan Perubahan?

Buatlah perubahan..!


Perubahan itu mutlak untuk menghasilkan perbaikan. Tak ada perubahan yang sukses tanpa ada perbaikan di sana sini, melalui serangkaian uji coba, melalui trial dan error sampai ditemukan suatu formula yang telah teruji. 

Jika ingin sukses harus merubah pola pikir, harus merubah attitude (perilaku) menjadi pola pikir dan perilaku yang mendukung kesuksesan. Jika ingin hidup berubah lebih baik maka siapkan diri untuk berubah dan siapkan juga semua sumberdaya untuk membantu perubahan tersebut.

Semua orang mau berhasil, mau sukses, mau menjadi yang terbaik tapi sangat sedikit orang yang mau berusaha ke arah itu. Sementara kesuksesan bukan hal yang instan, yang bisa diperoleh begitu saja, yang tidak jatuh dari langit seketika itu juga. Orang berhasil memakai mahkota kesuksesan setelah melalui proses yang panjang, melalui serangkaian penderitaan dan pilihan yang sulit. Jika akhirnya sukses itulah hasil dari jerih payah dan kerja kerasnya..




Apa kata quotes?


IT'S NOT ABOUT PERFECT, 
IT'S ABOUT EFFORT
Bukan tentang kesempurnaan
Tapi tentang upaya / ikhtiar

AND WHEN YOU BRING THAT EFFORT 
EVERY SINGLE DAY
Dan saat kamu melakukan upaya itu terus menerus setiap hari

THAT'S WHERE TRANSFORMATION 
HAPPENS
Saat itulah transformasi / perbaikan itu terjadi

THAT'S HOW CHANGE OCCURS.
Dan terjadilah perubahan


Upaya tak perlu sempurna


Karena yang sempurna hanya Tuhan. Manusia bisa melakukan ikhtiar, melakukan upaya semampunya untuk mencapai impian. Tak perlu menunggu upaya itu sempurna baru mau bergerak, karena ukuran kesempurnaan itu tak sama. Sempurna menurutmu belum tentu sempurna menurut orang lain.
Lagipula manusia itu terbatas, tak memiliki kemampuan menghasilkan kesempurnaan seperti halnya Tuhan.

Lakukan saja upayamu, yang penting bukan sempurnanya tapi kemauanmu untuk bergerak, untuk melakukan upaya, untuk berikhtiar. Karena kalau menunggu upayamu sempurna maka mungkin kamu tak akan bergerak..


Lakukan terus menerus


Sekali melakukan upaya belum tentu langsung berhasil mencapai tujuan. Karena itu jangan berputus asa. Jika upayamu belum berhasil, coba lagi besok, jangan menyerah, kecuali jika tujuanmu telah tercapai.
Air yang lembut bisa melobangi batu yang keras, bukan karena kekuatannya tapi karena kegigihannya.

Bulatkan tekad dan gigihlah mengejar impianmu. Upaya yang kamu lakukan pasti tak akan sia-sia. Kalaupun gagal, kamu bisa memetik banyak pelajaran dari kegagalan itu. Itu sebenarnya juga keberhasilan, tapi dalam bentuk yang berbeda. Berhasil belajar, berhasil merubah pola pikir..

Sebuah hasil terwujud dengan usaha yang terus menerus. Seekor burung pun harus keluar dari sarangnya, terbang dari pohon yang satu ke pohon yang lain demi mendapatkan makanan. Itu adalah upaya yang dilakukan oleh mahluk Tuhan sekecil burung. Keluar dengan perut kosong pulang dengan perut kenyang. Tak pernah sedetik pun burung itu enggan untuk keluar sarang, karena dengan nalurinya dia memahami, jika tinggal diam maka perutnya akan lapar.

Apalagi kita manusia yang diberi kesempurnaan akal, masa' tinggal diam dan bermalas-malasan? Perbaikan hanya bisa dihasilkan melalui perubahan pola pikir dan perilaku. Perubahan diciptakan oleh mereka yang mau berupaya dan beriktiar tak perduli apapun hasilnya. Jika berhasil, upaya dan kerja kerasnya terbayar, tapi jika gagal dia mendapat pelajaran berharga.

Tidak ada yang sia-sia jika kita berusaha. Tidak ada yang percuma jika kita berikhtiar. Karena Tuhan tidak tidur dan tahu apa yang dilakukan hambaNya...

Salam..

No comments:

Post a Comment