Wednesday 14 September 2016

Jangan Takut Berbuat Salah.

Kesalahan itu lumrah.


Tak ada manusia yang sempurna karena manusia lahir satu paket dengan kekurangannya. Mengapa Tuhan menakdirkan manusia punya kekurangan? Agar manusia bisa mengakui kesempurnaan Tuhannya dan bisa melengkapi satu sama lain. Jika kita sempurna tentu tak butuh Tuhan apalagi manusia lainnya untuk melengkapi kita. Kita toh punya dan mampu melakukan segalanya..

Karena kita adalah mahluk yang tak sempurna maka wajar jika berbuat salah. Kesalahan itu lumrah dan dilakukan oleh semua manusia. Tak ada manusia yang selamanya benar, sepintar apapun dia pasti pernah berbuat salah. Bahkan nabi yang langkahnya langsung mendapat bimbingan dari Tuhan pun berbuat salah. Karena nabi adalah manusia biasa.

Karena itu jangan takut berbuat salah. Lebih baik berbuat dan salah daripada tidak berbuat sama sekali. Minimal kita belajar dari kesalahan itu.

Lalu jika kesalahan itu lumrah, bagaimana menyikapinya?




Apa Kata Quotes


BEING AFRAID OF THINGS GO WRONG
(Takut berbuat salah)

ISN'T THE WAY 
(bukanlah jalan)

TO MAKE THINGS GO RIGHT
(untuk membuat sesuatu jadi benar)

Jangan takut berbuat salah.


Karena kesalahan itu lumrah jadi tak perlu takut berbuat salah. Kira-kira mengapa banyak orang gagal di dunia ini? Karena mereka terlalu takut melangkah, takut berbuat, takut memulai, karena takut gagal. Tak ada orang yang bisa sukses jika dibayang-bayangi kegagalan di langkah awalnya. Karena takut gagal akhirnya malah menunda atau tak jadi berbuat. Jika langkah pertama tak pernah dibuat bagaimana bisa mendaki menuju puncak kesuksesan?

Mengapa semua orang takut gagal? Karena kegagalan itu menyakitkan. Kegagalan itu menunjukkan ketidakmampuan seseorang menggapai impiannya. Kapabilitasnya rendah, tak mampu, tak cukup baik. Orang takut dicap gagal, tak berhasil, tak mampu, karena itu merendahkan dirinya.

Takut gagal adalah ketakutan yang wajar. Tapi kalau rasa takut itu menguasai pikiran maka menjadi tak wajar. Takut berbuat salah tak akan membuat sesuatu itu benar. Takut gagal tak membuat sesuatu jadi berhasil bukan?

Intinya adalah berani berbuat, berani mencoba, tetapkan langkah awal dan melangkahlah. Peluangnya untuk berhasil sama besarnya dengan peluangnya untuk gagal. Itu sebabnya persiapan mental jauh lebih penting. Hitunglah semua faktor resiko yang mungkin terjadi, bukan untuk membuat takut, tapi untuk mempersiapkan diri melakukan yang terbaik dan menerima yang terburuk. 

Sukses bisa diraih bukan dengan berlari kencang tak kenal henti, tapi dari langkah-langkah kecil yang konsisten. Sesekali ada yang menghentikan langkah tapi pilihannya adalah haruskah berhenti total, atau rehat sejenak kemudian melanjutkan perjalanan?

Hidup ini adalah pilihan. Pilihan itulah yang menentukan seberapa sukses kita nantinya, seberapa berhasilnya kita menaklukkan kehidupan yang keras ini. Kesalahan bukan bencana, tapi pembelajaran yang berharga. Kita takkan pernah tahu kalau salah jika kita tak pernah melakukannya. Rangkaian kesalahan lah yang mendewasakan kita.

Salam..

No comments:

Post a Comment