Friday 23 December 2016

Apa Karma Itu Brengsek ?

Karma apaan sih?

Sering dengar orang bilang hukum karma? Katanya kalo berbuat jahat nanti bakalan kena hukum karma, bakal dapat musibah sesuai dengan kadar kejahatan yang dilakukannya. Gak perlu terlalu pusing dengan hukum karma. Intinya gini, kebaikan bakal menarik kebaikan. Kalo kita menebar kebaikan maka kebaikan itu akan balik ke kita, bisa beberapa kali lipat dari kebaikan yang kita lakukan. 

Begitu juga sebaliknya. Kejahatan menarik kejahatan. Jika kita melakukan kejahatan maka kejahatan itu akan kembali ke kita, bisa kadarnya sama bisa jauh lebih buruk. Kalo kamu sial melulu, bisa saja kamu yang menciptakan kesialan karena kamu yang mengundangnya masuk ke dalam hidupmu.



Apa kata quotes?


KARMA ISN'T A BITCH
(Karma itu gak brengsek)

IT IS A MIRROR
(Tapi karma cerminan kelakuan kita)


Karma itu ibarat cermin.


Jangan pernah mengutuk kesialan dan mengakui itu sebagai hukum karma. Karena yang brengsek bukan karmanya tapi perilaku kita. Karma itu adalah cerminan dari pelaku kita. Sebagaimana sebuah cermin yang memantulkan bayangan persis seperti yang tampak di depannya. 

Kelakuan kita menentukan bagaimana nasib kita selanjutnya, apakah keberuntungan yang kita tuai ataukah kesialan?? Tau gak kalo kesialan itu gak datang secara kebetulan, tapi kita yang ciptakan. Kita yang mengundang kesialan masuk dalam hidup kita. Kenapa orang nipu kita? Coba pikir pernah gak kita nipu orang? Pernah gak kita bohongin orang? Kalo pernah wajar jika kita juga kena tipu. Kejahatan yang kita lakukan balik mengenai kita.

Pernah gak kita nyakitin hati orang? Pernah gak kita mempersulit orang? Pernah gak kita ngambil yang bukan hak kita? Kalo pernah artinya siap-siap kita menerima perlakuan yang sama.. Bukankah karma itu cerminan sikap kita?

Kelakuan yang baik akan membawa kebaikan. Kebaikan kecil pun tetap memberi dampak pada kita. Bahkan kebaikan kecil bisa berbalas berkali-kali lipat. Contoh kecilnya sedekah. Kadang kita memberi seseorang yang membutuhkan uang 20 ribu perak, bisa jadi kebaikan itu sudah kita lupakan. Tapi kemudian Tuhan membalas kebaikan itu dengan jumlah yang lebih besar bisa 200 ribu, 2 juta, bahkan 20 juta.. Gak ada yang mustahil bagi Tuhan. Dia Maha Kaya dan Dia gak pernah tidur. Selalu memperhatikan kelakuan mahlukNya.

Sekali lagi gak usah kuatirkan karma. Perbaiki saja sikap dan tingkah lakumu. Karena sikap dan kelakuan itu yang menentukan karmamu. Jangan mengutuk karma karena sesungguhnya karma hanya cerminan dari kelakuan burukmu.

Salam..

2 comments:

  1. Blog ny sangat bermanfaat .makasih bu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas, terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini..
      Salam

      Delete