Thursday 8 December 2016

Ngatur Budget Itu Bukan Pembatasan Hak

Ngatur uang itu perlu


Kalo gak, uang yang bakal ngatur kamu. Kamu bakalan jadi budak uang. Kerja keras gak kenal lelah kalo perlu ngambil lembur, ngambil sampingan agar bisa ngumpulin banyak uang. Kamu bakal menilai segala sesuatu pake uang. Kamu nganggap semua bisa dibeli dengan uang, bahkan pasangan hidup, anak, teman, kolega, persahabatan semua bisa ditukar dengan uang..

Kalo cara berpikir kamu kek begini itu tandanya uang udah ngatur kamu, ngatur hidupmu agar selalu berdasar pada uang. Kamu gak akan percaya pada ketulusan dan kebaikan hati karena bagimu no free lunch. Tak ada gratisan di dunia ini. Orang baik sama kita karena dia punya motif dan motif terbesarnya biasanya uang. Itu sebabnya orang kaya dan berharta serta punya banyak duit banyak orang yang senang berada di sekitarnya. Harapannya apalagi kalo bukan kecipratan duitnya?

Hidup diatur uang itu gak enak... Karena kita gak bisa berkuasa atas hidup kita sendiri. Dominasi uang dalam hidup bikin kita sangat tergantung padanya, bikin kita merasa gak berharga jika gak punya uang. Level kita ditentukan oleh seberapa banyak uang di kantong. Sayangnya hidup kek begini gak bikin bahagia, malah bikin sengsara...karena gak semua bisa dibeli dengan uang, bahkan kebahagiaan pun gak bisa ditukar dengan uang, karena gak sebanding.



Apa kata quotes?


A BUDGET IS NOT RESTRICTIONS
(Mengatur budget itu bukan pembatasan)

HAVING A PLAN ALLOWS YOU 
(Merencanakan keuangan membuatmu)

THE FREEDOM TO MAKE PURCHASES 
(memiliki kebebasan untuk belanja)

WITHOUT GUILT AND REGRET.
(tanpa rasa bersalah dan penyesalan)

Budget itu bukan pembatasan


Pernah gak ada yang memperhatikan sabuk pengaman/sabuk keselamatan dalam mobil? Ngaku gak kalo kita jarang pake, karena sifatnya yang membatasi gerak? Padahal berapa nyawa yang terselamatkan karenanya saat kecelakaan. Begitulah sifat kebanyakan kita. Kita gak suka dibatasi geraknya meski pembatasan itu sebenarnya bisa nyelamatin nyawa kita.

Begitu juga dengan ngatur keuangan. Banya orang gak mau ngatur keuangannya karena pikirnya, "duit duit gue, terserah gua dong mau gua apain?" Sama juga sih dengan hidup kamu. Terserah kamu mo ngapain dengan hidup itu, tapi kalo kamu gak atur ya..kamu bakalan susah..

Sebenarnya gak susah ngitung pemasukan dan merencanain pengeluaran. Yang susah itu melaksanakannya. Kita semua pada tau kalo pengeluaran lebih besar dari pendapatan pasti bakalan minus, pasti nombok. Kenapa orang punya utang? Karena belanjanya lebih besar dari yang bisa dia hasilkan.. Kalo gaya hidup besar pasak dari tiang ini terus dipake ya lama-lama mampus juga, hidup gali lobang tutup lobang karena terjerat hutang. Akhirnya sampe turunan utangnya gak lunas-lunas..

Tujuan pengaturan keuangan sebenarnya bukan buat ngebatasin kita belanja tapi ngaturin cara belanja kita. Beli apa yang memang jadi kebutuhan dan sudah dicatat sebelumnya. Kebanyakan kita suka nyesel beli sesuatu barang, yang bukan saja mahal tapi karena kita bener-bener gak memerlukannya. Belum lagi dikejar-kejar rasa bersalah karena menggunakan uang bukan untuk peruntukannya. Misalnya beli tas mahal dengan uang asuransi kesehatan. Hal itu gak bener dan gak ngerasa bener kan? Pengaturan keuangan itu intinya perencanaan dan pengendalian diri. Semua udah direncanain agar gak ada kata nyesel ato rasa bersalah saat menggunakan uang tersebut. Hidup jadi lebih teratur, terencana dan bebas utang. Kalo pun ada masalah pasti bisa diatasi..OK?

Salam...

No comments:

Post a Comment