Friday 23 December 2016

Mengapa Mesti Berhenti Mengeluh dan Cemas..???

Mengeluh itu buruk !


Apa kamu termasuk orang yang selalu mengeluh dan selalu cemas? Gak ada kejadian yang kamu gak keluhkan, gak kamu cemaskan. Nunggu pesanan di restoran yang lama, ngeluh, cemas jangan-jangan waiternya lupa. Hujan turun, ngeluh, cemas urusanmu bakal terhambat. Jalanan macet, ngeluh, cemas bakal tiba telat di tujuan. Lupa bawa kunci laci kantor, ngeluh, cemas bisa-bisa gak kerja. Pokoknya harimu berisi sejuta daftar keluhan dan seribu kecemasan. Semua pasti bermasalah, buktinya kamu ngeluh dan cemas, kan?

Orang pikir ngeluh dan cemas itu sesuatu yang biasa. Padahal suka ngeluh dan cemas itu berbahaya lho. Itu penyakit hati yang kronis, bisa ngancurin kebahagiaan hidup seseorang. Emang mau miara penyakit kronis? Gak mau kan..?? Ya, kudu mikir dong dari sekarang buat nyembuhin penyakit suka ngeluh dan cemas ini ...



Apa kata quotes?


WORRYING WON'T STOP BAD STUFF FROM HAPPENING
(Ngeluh dan cemas gak akan menghentikan terjadinya kejadian buruk)

IT JUST STOPS YOU FROM ENJOYING THE GOOD.
(Bahkan bikin kamu gak bisa nikmatin yang baik-baik dalam hidup)


Ngeluh dan cemas gak akan merubah keadaan.


Ini yang harus kamu camkan di kepala kamu. Ngeluh dan cemas gak akan merubah keadaan buruk jadi baik, malah bikin kadaan baik jadi buruk dan keadaan buruk tambah buruk. Nunggu pesanan, gak dateng-dateng padahal udah lapar banget. Emang kalo kamu ngeluh dan cemas makananmu langsung meluncur datang secepat kilat? Gak kan? Apa salahnya sabar, mungkin pelayannya banyak pesanan dan kamu harus ngantri buat dilayani. Lakukan sesuatu yang bermanfaat saat nunggu, seperti kebiasaan saya, nulis blog ini hehehe..

Satu hal yang paling sering dikeluhin dan dicemasin akhir-akhir ini adalah hujan. "Duh, hujan lagi!" Seolah kedatangan hujan itu gak diharapkan..Hati jadi kelabu, jalanan tergenang, baju basah, cucian gak kering, mau kemana-mana malas, perut lapar mulu.. Sejuta daftar keluhan dan kecemasan yang terkait sama hujan bisa ditulis panjang di sini.. Emang kalo kita ngeluh dan cemas hujan bakal batal turun? Gak kan? Jadi ngapain ngeluh dan cemas? Lihat sisi positifnya, hujan itu menyirami bumi, menyirami tetumbuhan, membuat alam kita hijau segar dipandang mata, hujan menambah debit air sehingga denyut kehidupan di sungai, danau dan laut kembali jalan. Hujan dibutuhkan bumi dan akan terus turun, kita suka ataupun gak. Karena aturan alam memang udah begitu !
Ngeluh dan cemas soal hujan di musim hujan keknya sia-sia deh ! Lebih baik kamu cari solusi dari masalahmu. Gak mau basah-basahan ya..sedia payung. Cucian gak kering, bisa kamu laundry, mereka punya alat pengering otomatis kok. Perut lapar sementara malas keluar rumah, ya.. masak sendiri dong. Nyiram mie, ato telor ceplok sederhana. Pokoknya kulkasmu jangan dibiarin melompong tanpa bahan makanan yang harus selalu ada di kulkas ini.

Kamu juga jadi gak bisa nikmatin yang baik-baik dalam hidup karena kamu ngeliat segala sesuatu itu dari sudut pandang negatif. Akhirnya gak ada kejadian yang baik, semua buruk di matamu. Akhirnya kamu gak bahagia, kamu menderita dan sedih terus. Gak ada orang yang mo temenan sama kamu, wong kamunya bawa pengaruh negatif sih, ngeluh mulu! Ibaratnya kamu selalu ngarepin kejadian buruk, bahkan di tengah kegembiraan orang lain.

Gak ada hal yang bisa bikin kamu puas. Semua ada cacatnya. Apa yang dilakukan orang lain semua salah. Apa yang kamu usahakan sendiri pun selalu gak benar menurutmu. Akhirnya kamu jadi manusia paling kesepian. Kesepian dengan hidup yang kamu anggap gak berpihak sama kamu.

Tau gak, kalo kamu kek gini itu bunuh diri pelan-pelan namanya ! Berhentilah Mengeluh dan cemas ! Liat yang baik-baik dari semua peristiwa. Bahkan kejadian buruk pun menyimpan hikmah, menyimpan pembelajaran buat kita. Apalagi kejadian baik? Pernikahan, pesta ulang tahun, kedatangan kawan lama, ditraktir sahabat, dikirimin kado, itu semua membahagiakan. Kenapa mesti nyari ketidaksempurnaannya? Tau gak, hanya Tuhan yang Maha Sempurna. Kita ini hanya manusia biasa, yang penuh keterbatasan, wajar jika melakukan kesalahan. Kita sendiri pun gak sempurna, jadi gak adil kalo kita minta kesempurnaan pada segala hal dan pada orang lain. Oke...??

Stop mengeluh dan stop mencemaskan apapun! Mulailah berpikir positif. Mulai hari ini, gak pake nunggu besok!

Salam..

No comments:

Post a Comment