Thursday 28 July 2016

Ada Yang Bertanya Apa Kamu Membencinya? Jawablah Seperti Ini !

Kamu benci seseorang?


Itu normal dan manusiawi, artinya setiap manusia merasakannya. Tuhan ngasi keseimbangan dalam hidup kita, selain di kasi rasa cinta juga dikasi rasa benci. Kalo ada orang yang terus menerus mencinta tanpa rasa benci pasti dia gak waras. Perhatikan aja orang gila, selalu tersenyum. Dihujat dan dikata-katain gila pun dia tetap tersenyum. Karena hanya orang waras aja yang memiliki rasa benci.

Jadi kamu punya perasaan tak suka sampai benci pada seseorang, itu wajar. Hanya saja karena kamu tinggal di dunia yang beradab, kebencian pun harus ditunjukkan secara beradab (sembuyi-sembuyi dan gak terang-terangan). Kalo kamu tunjukkan kebencian secara terang-terangan maka kamu bakal menyakiti hati orang lain, kamu bisa menimbulkan perang dan kamu bisa balas dibenci. Karena pada dasarnya gak ada orang yang suka kalau dirinya dibenci orang lain. Semua orang rela melakukan apa saja agar dirinya dicintai dan disukai orang lain. 

Kebencian itu sangat berbahaya bahkan bisa menimbulkan korban jiwa. Ada yang menunjukkan kebencian dengan cara yang ekstrim, menyakiti bahkan sampai membunuh. Karena di mata para pembenci, orang yang dibencinya memang gak pantas hidup..bikin sesak dunia ini aja!




Apa kata Quotes?


I DON'T HATE YOU
(Aku gak benci kamu)

I'M JUST NOT NECESSARILY EXCITED 
(Aku hanya gak begitu senang)

ABOUT YOUR EXISTENCE
(dengan keberadaanmu)

Apa kamu membenciku?


Kalo ada yang nanya pertanyaan ini ke kamu, kira-kira gimana ngejawabnya ya..? Kalo kamu gak benci padanya sih gampang, bilang aja terus terang. Tapi kalo kamu memang benci, pasti ngomongnya serba salah. Kalo terus terang bakal nyakitin hatinya dan kamu jadi gak enak. Tapi kalo bohong juga kayaknya gak asyik. Jadi ngomongnya harus gimana?

Ngomongnya harus diplomatis. Kamu jujur padanya, tapi harapannya kejujuran itu gak terlalu melukai hatinya dan gak terlalu bikin kamu gak enak hati. Bilang saja kalau "kamu gak benci dia tapi gak terlalu suka dengan keberadaannya."

Kalo kamu  perhatikan kalimatnya sebenarnya artinya sama saja. Tapi dampaknya beda. Coba aja kalo kamu langsung bilang, "Ya, aku benci kamu!" pasti dia langsung speechless, gak bisa ngomong apa-apa. Atau dia langsung balas dengan kalimat yang jauh lebih nyakitin, "Aku juga benci kamu!" mungkin ditambah embel-embel yang menyebabkan kebenciannya kepadamu. Yang ada kamu nyakitin hatinya dan dia balas nyakitin hatimu juga.
Mengapa?
Karena kamu membenci dirinya, gak mencintainya, gak menyukainya. Itu melukai harga dirinya sebagai manusia, dan dia akan mempertahankan harga dirinya yang terluka itu dengan balas menyerang dan melukaimu.

Para penjahat dan kriminal di luar sana adalah manusia yang terluka dan merasa dibenci oleh masyarakat. Dirinya dianggap sampah. Untuk membalaskan rasa sakit hatinya dan untuk membuktikan bahwa dirinya gak boleh diremehkan itulah dia berbuat kejahatan. Mencuri, membunuh, memperkosa, menipu ataupun berkelakuan buruk dengan menganggu masyarakat.

Jadi hati-hati dengan kata benci ini karena bisa melukai harga diri seseorang. Menurunkan rasa penting dirinya dan membuatnya jadi defensif, mudah menyerang dan menyakiti. Setiap orang punya potensi untuk jadi orang baik dan orang jahat. Tergantung bagaimana dia mengontrol sisi baik dan sisi buruk dirinya serta bagaimana orang lain memperlakukan dan mempengaruhinya.

Jika ada orang yang bertanya apakah kamu membencinya, berikanlah jawaban yang diplomatis...

"AKU GAK BENCI KAMU..."

Kata ini adalah kata yang mujarab, meskipun sebenarnya kamu gak menyukainya tapi menegaskan bahwa kamu gak membencinya itu udah pembuka yang baik dan melegakan. Kamu tetap menghargainya sebagai manusia, kamu tetap menganggapnya penting dan itu tak melukai harga dirinya.
Tapi kamu tetap harus jujur, karena membohongi diri sendiri itu gak enak, serta membohongi orang lain juga gak adil baginya. Tapi kamu harus menemukan kalimat yang tepat yang gak terlalu nyakitin dan gak terlalu kasar kedengarannya.

"AKU HANYA GAK BEGITU SENANG DENGAN KEBERADAANMU.."

Kalimat ini adalah kalimat yang aman. Meskipun ada kalimat gak senang di situ tapi karena dibungkus dengan kata gak begitu senang, itu sebuah harapan, kalo ada sedikit rasa senang atau rasa suka di sana untuknya..
Kalimat ini bakal ditanggapi beda jika diucapkan dengan kata BENCI di sana. "Aku begitu benci sama kamu !" adalah kalimat yang berbahaya... 

Ya..dibenci itu menyakitkan apalagi kalau diucapkan secara terus terang. Bijaksanalah menggunakannya. Jujur dan berkata apa adanya itu bagus..tapi jangan sampai menyakiti hati orang lain..
Emang kamu suka kalo kamu berada di posisinya dan dikata-katain begitu? Gak kan? Jadi bijaksanalah dalam berkata-kata..!

Salam....

No comments:

Post a Comment