Thursday 21 July 2016

Mengapa Orang Doyan Mengumbar Kesalahanmu?

Semua orang punya kesalahan


Karena itulah sifat manusia yang lemah. Kekhilafan adalah suatu yang mutlak terjadi, karena tak ada manusia yang sempurna. Manusia punya celah untuk melakukan kesalahan. Jadi kesalahan adalah bagian hidup yang harus dilalui setiap insan untuk bertumbuh jadi manusia yang lebih baik. 

Kita perlu salah agar tahu kalau sesuatu berjalan tidak semestinya. Kesalahan membuat kita merenung dan menghitung kembali langkah yang kita tempuh. Kesalahan mengingatkan kita bahwa ada yang perlu diubah. Ada yang perlu diperbaiki.

Kesalahan biasanya berbuah pahit entah itu kegagalan, perpisahan, kesialan yang intinya adalah penderitaan. Banyak yang terus menyesali dan mengutuk dirinya karena berbuat salah yang mengakibatkan hidupnya merana. Yang paling penting sebenarnya bukan buah dari kesalahan itu tapi apa yang bisa dipelajari dari kesalahan itu. Mengutuk diri karena berbuat salah tak akan merubah apa-apa. Kesalahan terjadi bukan tanpa sebab, bisa karena pengambilan keputusan yang salah, salah dalam menilai, salah menempatkan diri, salah perhitungan bahkan salah persepsi. Temukan apa sebabnya dan tarik pelajaran dari situ. Jika ada yang perlu diubah, ubahlah. Jika ada yang perlu diperbaiki, silakan perbaiki.

Yang terkadang bikin kita sedih adalah saat orang lain mengumbar dan meyebarluaskan kesalahan kita. Menimpakan penyebab kegagalan atas kesalahan kita semata. Kita pasti kesal disalahkan? Kita tahu bahwa tak ada manusia yang sempurna, kita juga melakukan kesalahan, tapi tetap saja dituduh salah apalagi diumbar agar semua orang tahu itu menyakitkan. Kita takut akan persepsi orang terhadap kita. Kita takut orang lain menganggap kita tak bisa kerja, tak layak untuk diberi amanah, tidak cakap/capable, tidak mampu/qualified dan sebagainya..

Mengapa ada orang yang kelakuanya begitu? Suka mengumbar kesalahan orang lain padahal dirinya belum tentu sempurna?





Apa kata Quotes?


SOMETIMES PEOPLE TRY TO EXPOSE 
WHAT'S WRONG WITH YOU.
Kadang orang mencoba mengumbar kesalahanmu

BECAUSE THEY CAN'T HANDLE 
WHAT'S RIGHT ABOUT YOU.
Karena tak bisa menangani hal-hal benar tentangmu


Dunia sekarang ini adalah dunia yang kompetitif


Setiap orang saling bersaing untuk sampai di posisi tertentu. Jika banyak orang yang memiliki kemampuan yang sama, seperti tingkat pendidikan, kemampuan manajerial, kemampuan memimpin, sementara posisi yang diperebutkan cuma satu maka persaingan menjadi ketat.
Tak sedikit orang yang mengincar posisi itu dan akan melakukan apa saja untuk mendapatkannya, meski dengan cara tak pantas. Mereka ini orang yang tak bisa menerima kekalahan dengan lapang dada. Mereka ini lebih fokus pada dirinya dan tujuannya daripada orang lain dan hubungan pertemanan.
Maka dicarilah titik lemah dan kesalahan kandidat lain, sehingga tampak kalau mereka tak pantas dipilih karena memiliki cacat. Mereka ini orang yang tak yakin mampu bersaing sehat, bersaing secara benar karena tahu bahwa orang lain jauh lebih unggul dari dirinya.

Itulah black campaign alias kampanye hitam yang biasanya banyak terjadi belakangan ini. Entah itu di pemilihan kepala pemerintahan, mulai dari presiden sampai pemilihan ketua OSIS di sekolah-sekolah. Jika tak bisa memenangi pertarungan dengan sehat karena lawan lebih unggul, cara lainnya adalah mencari kelemahan lawan dan mengeskposenya ke publik/pimpinan agar publik/pimpinan tahu bahwa kandidat yang diusungnya memiliki banyak kelemahan.

Jadi tak perlu sedih dan kesal karena orang lain mengumbar kesalahanmu di depan umum. Percayalah dia harus melakukan itu, mengumbar kelemahanmu di depan orang lain karena tak sanggup menghadapi kelebihan dan keunggulanmu secara jantan. Dia tahu kamu lebih unggul darinya. Satu-satunya cara untuk mengalahkanmu adalah dengan mencari kelemahan dan mengumbar kesalahanmu.

Harusnya kamu berterima kasih pada mereka ini. Mereka sangat mengagumimu. Mengakui keunggulan dan kelebihanmu. Merasa dirinya tak sanggup disandingkan denganmu sebagai lawan. Tahu kalau dia pasti kalah olehmu. Dia tahu bahwa kamu lawan yang tangguh yang tak bisa dikalahkan dengan mudah. Dia tahu harus mencari strategi lain untuk menjatuhkanmu.

Jadi jika ini yang terjadi pada kamu, apa yang harus kamu lakukan? Melawan keburukan dengan keburukan tak akan membuat kamu jadi lebih baik. Berikan senyuman terindah dan tetaplah berjalan di lintasanmu. Publik ataupun pimpinan bukan orang bodoh yang dengan mudahnya ditipu dengan kampanye hitam. Publik/pimpinan adalah orang dewasa yang bijaksana. Mereka sangat paham bahwa tak ada manusia yang sempurna. Yang pantas untuk memimpin bukanlah mereka yang sempurna tapi yang tak membiarkan ketidaksempurnaan dan kelemahannya mempengaruhi kinerjanya. Dia mampu merubah kelemahan agar menguntungkannya. Atau jika tak memberi manfaat bagi banyak orang setidaknya jangan sampai merugikan.

Jika ada orang yang selalu mengumbar kesalahanmu depan umum, berikan senyum manis dan berterima kasihlah padanya. Tak usah balas dendam..tak ada gunanya. Tetaplah lakukan apa yang kamu anggap benar karena hanya yang pantas menang yang akan menang. Percaya itu !

Salam..

No comments:

Post a Comment