Thursday 21 July 2016

Cemburu Itu Karena Kurang Bersyukur

Gak perlu merasa cemburu


Tuhan itu Maha Adil sama mahlukNya, cuma kita aja sebagai manusia yang gak pernah merasa puas dengan apa yang kita terima. Kita selalu nanya kok gue lebih miskin dari si Ety sih, kok si Maya lebih cantik, kok si Wisnu lahir dari keluarga pejabat, kok si Tantri otaknya lebih pinter, kok si Bagas ngelakuin apa-apa mudah, sementara gue susah banget?

Kita fokus pada apa yang gak kita punya, fokus pada kekurangan, fokus pada kelemahan, akibatnya kita selalu protes! Ditakdirkan punya wajah jelek, protes pengennya cantik atau ganteng. Ditakdirkan lahir dalam keluarag miskin, protes, pengennya lahir dalam keluarga kaya. Pengen masuk sekolah favorit tapi nyatanya gak lulus karena otak gak mampu.

Selalu nanya kenapa? Kalo Tuhan itu adil kok gue kebagian yang jelek-jeleknya? Udah jelek, miskin, bodoh lagi! Tau gak sih Tuhan itu ngasi apa yang kita butuhin bukan apa yang kita inginin. Karena sesuatu yang kita inginin belum tentu kita butuhin. Trus Tuhan ngasi sesuatu ke seseorang kalo dia pantas menerimanya. Pantas dia dapetin setelah usaha, kerja keras dan beramal! Jadi gak perlu cemburu, karena setiap orang udah nerima apa yang dia BUTUHIN dan apa yang PANTAS dia terima. 




Apa Kata Quotes?


JEALOUSY COMES FROM COUNTING
 OTHER BLESSINGS
Cemburu terjadi karena kebanyakan ngitung nikmat orang lain

INSTEAD OF YOUR OWN
ketimbang ngitung nikmat kita sendiri


Cemburu karena kurang bersyukur


Cemburu terjadi karena kita terlalu banyak ngitung nikmat yang diterima oleh orang lain dibanding nikmat yang kita terima sendiri. Liat orang lain punya rumah gede kita cemburu, padahal kita juga punya rumah meski gak gede tapi nyaman, sekeluarga kita hidup rukun dan bahagia. Gak ngejamin orang-orang dalam rumah gede itu ngerasain kebahagiaan seperti yang keluarga kita rasain.

Liat orang lain keluar rumah dengan mobil keluaran terbaru, kita jadi cemburu karena hanya punya motor bebek tua yang jadi tunggangan setia. Harusnya kita bersyukur karena gak perlu bersimbah peluh seperti para pejalan kaki di jalanan berdebu, ato gak perlu berdesak-desakan di angkot, ato para pesepeda yang harus ngandalin kekuatan kakinya. Kita tinggal duduk di atas sadel motor, putar gas dan si bebek tua siap nganterin kita kemana-mana.

Liat seseorang punya wajah rupawan kita jadi cemburu. Kok gue ditakdirin punya wajah jelek sih? Tau gak kalo si rupawan itu sering kesulitan karena wajahnya. Banyak yang nguntit, gampang jadi target kejahatan, sering dituduh aji mumpung, mumpung cantik/gagah semuanya dimudahin (padahal belom tentu), sering dituduh (dujudge) cuma menang tampang doang... Baca deh apa gak enaknya punya wajah cantik?
Bersyukurlah meski gak cantik tapi tubuhmu sehat, normal dan gak kekurangan apapun. Kaki gak pincang, jari tangan cukup 10 bukan 11...

Sekarang coba ambil kertas itung, nikmat panca indera, mata, hidung, telinga, kulit, mulut beserta fungsinya. Belum dua kaki, dua tangan, kepala yang isinya otak buat mikir. Tubuh yang normal, sehat dan berfungsi dengan baik. Belum lagi makanan yang selalu tersedia, meski sederhana. Kendaraan yang siap mengantar kemana-mana meski tua dan masih nyicil. Belum lagi keluarga yang sehat dan saling mencintai. Punya pekerjaan tetap atau usaha kecil-kecilan meski pendapatannya kecil aja tapi selalu ada setiap bulan. Gak pernah kelaparan, masih bisa belanja dan bisa jalan-jalan, meski bukan ke tempat-tempat mewah.. Belum lagi punya teman yang selalu ngedukung dan kolega bisnis atau kerja yang selalu mensuport.

Udah berapa tuh..skornya pasti udah banyak kan..??
Cemburu itu merusak ketenangan. Gimana mo makan dengan nyaman kalo hati dipenuhi rasa mendongkol atas kelebihan orang lain? Gimana mo bahagia kalo hati diliputi perasaan serba kurang? Gimana mo berbagi kalo selalu merasa kekurangan, "gue aja gak cukup kok mo dibagi?"

Gak ada untungnya memelihara perasaan cemburu. Emang kalo kita cemburu nikmat orang lain bakal berkurang? Yang ada malah nikmat kesehatan dan ketenangan kita yang berkurang..

Jadi terimalah diri dan nikmat dengan penuh syukur. Pengen kaya? Ya..pantaskan diri buat kaya. (baca : 10 alasan teratas kenapa kamu gak kaya juga?).

Salam...

No comments:

Post a Comment