Friday 1 July 2016

Jangan Berolahraga Hanya Karena "Harus"

Olahraga itu penting.


Olahraga atau olah tubuh itu penting. Karena tubuh yang dibiarkan tak bergerak akan menjadi sasaran penyakit dengan semakin banyaknya lemak yang menumpuk, semakin kakuknya  otot dan semakin rapuhnya tulang. 

Semua orang tahu kalau olahraga itu penting. Tapi hanya sedikit yang bisa memotivasi dirinya untuk terus melakukan olahraga di sela-sela waktu luangnya yang sedikit. Mengapa banyak orang yang malas olahraga? Karena orang modern lebih suka menghabiskan waktunya dengan duduk, makan, ngobrol, chatting, browsing internet, daripada bermandikan peluh di gym, berkeringat di track jogging atau pun kepanasan di taman melakukan yoga.

Gaya hidup manusia modern yang kurang gerak, kemana-mana naik kendaraan, ogah jalan kaki belum lagi porsi makanan yang makin lama makin besar, membuat obesitas (kegemukan) menjadi masalah. Karena gemuk itu berisiko mendapat penyakit. Darah tinggi, kolesterol, diabetes, asam urat, jantung bahkan pengeroposan tulang akibat bobot tubuh yang berlebih menjadi ancaman yang mengintai manusia modern.

Selain menyiasati pola makan, olahraga juga menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kualitas hidup. Masalahnya bagaimana membuat diri selalu termotivasi untuk olahraga?




Apa Kata Quotes?


DON'T WORKOUT BECCAUSE YOU NEED TO
Jangan berolahraga karena merasa "harus"

DO IT BECAUSE YOUR BODY DESRVES LOVE,
Lakukan karena tubuhmu layak dicintai

RESPECT AND HELATHY ATTENTION
pantas dihormati dan harus sehat

Motivasi diri untuk mau berolahraga


Jangan berolahraga hanya karena semua orang menyuruhmu melakukannya. Hanya karena semua orang bilang olahraga itu penting. Hanya karena saya menulisnya di sini. Karena motivasi itu tak akan bertahan lama. 

Motivasi itu datang di luar dirimu maka takkan bertahan lama. Kapan motivator itu berhenti memotivasimu, semangatmu jadi kendor lagi dan kamu kembali ke pola hidup yang lama, pola hidup tanpa olahraga. Untuk mengembalikan semangat itu kamu perlu dimotivasi lagi, begitu seterusnya. Maka hasilnya pun tak bisa optimal.



Motivasilah diri sendiri dan jangan tergantung dari lingkungan di luar diri. Kamu tahu bahwa olahraga itu penting, itu sudah cukup. Lalu kenapa kamu harus melakukannya, kenapa harus menyiksa diri dengan olahraga? Sepenting apa sih olahraga itu? Karena kamu harus peduli dengan tubuhmu. Dengan tubuh itulah kamu menggantungkan hidupmu. Memangnya kamu bisa beraktivitas normal, belajar dan mengejar impianmu kalo kamu sakit-sakitan?

Memang olahraga hanya salah satu aspek yang berperan untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Tapi jika kita mengkombinasikan makanan sehat, pola hidup sehat dengan olahraga teratur, hasilnya pasti luar biasa.

Tubuhmu telah menopangmu dengan penuh cinta selama ini. Tubuhmu telah membantumu jadi seperti yang sekarang ini. Pantaskah kamu mengabaikannya?Tubuhmu pantas untuk dicintai, pantas diberikan haknya untuk selalu sehat. Karenanya jangan malas olahraga. Anggap saja olahraga itu adalah hadiah kecil darimu untuk tubuhmu sendiri. Sama halnya saat kamu menghadiahi dirimu dengan segelas es krim coklat setelah lelah bekerja seharian.

Olahraga itu bukan berat atau ringannya, tapi konsistensinya. Biar olahraganya ringan saja, seperti jalan cepat, jogging, ataupun peregangan ringan di sela-sela kesibukan kerja, tapi jika itu dilakukan secara konsisten akan memberi dampak yang baik bagi tubuh.

Apa kamu cukup mencintai tubuhmu? Apakah kamu rela menganiaya tubuhmu dengan membiarkannya sakit? Kalo tubuhmu sakit pasti akan mempengaruhi jiwamu dan akan mempengaruhi semua aktivitasmu.

Mulai sekarang, perhatikan tubuhmu secara lebih baik. Jika kamu memperlakukannya dengan baik maka tubuh akan membalasmu dengan senantiasa sehat dan membantumu melakukan aktivitas yang kamu senangi tanpa ada kekhawatiran akan sakit dan tak berdaya...

Salam... 

No comments:

Post a Comment