Thursday, 30 June 2016

Kebebasan Finansial Itu Gampang !

Kebebasan finansial adalah kemerdekaan yang sesungguhnya...


Kalo anda belum merdeka secara finansial sesungguhnya anda masih terjajah. Kenapa? Karena anda masih menghabiskan banyak waktu untuk ngumpulin duit. Waktu yang harusnya anda gunakan buat meningkatkan kualitas hidup harus tersita demi mencari segenggam duit dan sebongkah berlian...
Anda sibuk kerja, sibuk usaha, sibuk investasi karena yang anda dapatkan selama ini belum cukup memenuhi kebutuhan anda.
Akibatnya banyak yang stres, sakit jantung, hipertensi, gila bahkan bunuh diri karena gak seimbangnya kebutuhan dan pendapatannya.

Anda kerja dari pagi sampai sore, belum termasuk lembur dan kerja sampingan buat nambahin penghasilan utama, tujuannya cuma satu : NYARI DUIT. Kenapa duit mesti dicari sampe sedemikian rupa? Ya.. kalo gak dicari bagaimana bisa makan? Bagaimana bisa beli rumah, kendaraan, nyekolahin anak dan seabrek kebutuhan lain yang butuh duit untuk mengaksesnya.


Akhirnya kita semua menjadi manusia jajahan. Jajahan pekerjaan, jajahan duit dan jajahan keinginan kita.


Apa Kata Quotes?



FINANCIAL FREEDOM IS
Kebebasan Finansial adalah

HAVING ENOUGH MONEY
Punya cukup uang

TO MAKE DECISIONS OR CHOICES
Untuk membuat keputusan dan pilihan

THAT YOU WANT TO MAKE
yang kamu inginkan.


Intinya adalah


PUNYA CUKUP UANG
  • Punya cukup uang tak mesti kaya, tapi uang yang berada dalam kontrolnya cukup banyak untuk memenuhi kebutuhannya. Gak pernah merasa kekurangan dan gak cukup.
  • Gak perlu pusing soal uang, karena uangnya selalu tersedia untuk memenuhi apapun keputusan dan pilihan yang dibuatnya. Saat sakit bisa membayar tagihan rumah sakit, saat travelling bisa beli tiket dan bayar hotel, saat ingin investasi selalu punya uang untuk diinvestasikan.

UANG TAK MENJADI KENDALA/MASALAH LAGI.
  • Tinggal melakukan apa yang anda inginkan dan uang mempermudah terwujudnya keinginan tersebut. Semua keinginan anda terwujud karena uang bukan masalah lagi.
  • Anda gak perlu melakukan apa yang gak anda inginkan untuk memperoleh uang. Gak perlu kerja keras sampe lembur, gak perlu punya 3 pekerjaan sampingan, gak perlu harus menjual barang kesayangan, gak perlu harus kehabisan waktu di tempat kerja..demi memperoleh uang. Anda mengerjakan apa yang anda senangi dan dari pekerjaan itu uang terus mengalir ke kantong anda.
  • Dan anda tak perlu meninggalkan apa yang anda sukai hanya karena kekurangan uang. Anda gak mesti menunda jalan-jalan, menunda ibadah, menunda beli rumah impian hanya karena gak punya uang.

BEBAS MELAKUKAN APA SAJA.
  • Karena uang bukan masalah, maka anda bebas membeli apa saja yang bisa dibeli oleh uang, anda bebas membelanjakan uang anda.
  • Anda juga bebas menggunakan uang anda untuk membantu orang lain (sedekah, amal, bantuan dan sebagainya).

Bagaimana mendapatkan kebebasan finansial?


(1) Belanja Cermat.
  • Bukan belanja hemat ya.. tapi belanja cerdas, belanja yang punya tujuan. Belanja untuk memenuhi kebutuhan bukan keinginan. Belanja yang menghasilkan barang yang bisa diputar untuk menghasilkan uang lagi.

(2) Investasi cermat.
  • Lakukan investasi secara baik dan terencana yang memberikan anda pasif income yang terus mengalir meski anda tak perlu menghabiskan waktu mengurusinya.

(3) Menabung.
  • Menabung bukan di saat ada sisa setelah belanja. Tapi menabunglah di awal, sisihkan penghasilan anda sekian persen, sebelum anda membelanjakannya. Lakukan itu setiap anda mendapatkan penghasilan.

(4) Menyederhanakan hidup

  • Hidup dalam balutan kesederhanaan yang penuh arti lebih baik daripada hidup kaya namun menghamburkan uang gak jelas. Maksudnya gini, meski anda mampu untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup boros, pesta-pesta, shopping di mall elit, beli barang-barang branded, tapi anda tidak melakukannya. Anda juga pesta, shoping dan beli barang branded sesuai kebutuhan dan saat itu memberi manfaat bagi keuangan anda.

(5) Hindari pinjaman/kredit konsumtif.

  • Jika anda tak bisa membeli sesuatu secara cash artinya anda tak mampu membelinya. Jika barang itu akan memberikan keuntungan dan anda butuh bantuan, silakan mencari pinjaman dan ingat kembalikan pinjaman itu tepat waktu. Hindari pinjaman untuk barang konsumtif.

(6) Terus belajar.

  • Terus belajar untuk menyempurnakan hidup anda. Kelola uang agar anda tidak dikontrol olehnya. Buat anda yang mengontrolnya. Jangan biarkan uang mengontrol dan menggembosi kebahagiaan anda. 
  • Belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu lewat sekolahan dan tidak perlu merasa malu magang pada ahlinya. Jangan pernah risau dengan umur, merasa terlalu muda untuk melakukan sesuatu atau malah merasa terlalu tua untuk memulai sesuatu. Karena tidak ada kata muda atau tua untuk mengejar kebahagiaan dan kenyamanan hidup.
Salam...

No comments:

Post a Comment