Tuesday 7 June 2016

Tips Jadi Manusia Super Kuat

Menjadi kuat itu keharusan.


Hari gini menjadi kuat itu keharusan, karena semakin banyak masalah yang mendera manusia. Kalo manusianya gak kuat bisa kalah oleh masalah, akhirnya stres, gila atau malah bunuh diri. Belum lagi mereka yang terjerumus ke obat dan jadi kecanduan, diawali oleh keinginan lari dari masalah.

Kuat adalah sebuah kata sifat yang kesannya tangguh. Misalnya obat kuat, ya obat yang kalo dimakan bikin jadi kuat. Kalo kita ngebayangin orang, pasti segala macam superhero melintas dalam pikiran kita, Hercules, Hulk, Superman, Batman, manusia-manusia kuat ciptaan penulis komik yang disengaja dibuat buat mencari perwakilan orang kuat dalam imajinasi manusia. Siapa gak kenal Hercules, manusia setengah dewa yang kekuatannya buset deh. Belum lagi Hulk, mahluk hijau yang kalo kamu cari gara-gara sama dia bisa bikin kamu penyok kayak kaleng rombeng. Belum lagi mahluk berjubah seperti Superman yang bisa terbang terus Batman yang supercool dengan mobil balapnya. Mereka ini kalo membasmi kejahatan pasti penjahatnya pada kalah. Namanya juga manusia super, ya.. pasti super kuat lah..

Tapi betulkah menjadi manusia yang kuat itu harus punya tulang kawat dan otot baja kayak Gatotkaca? Haruskah minum obat kuat atau doping?


Apa kata Quotes?


SOME PEOPLE THINK THAT TO BE STRONG
Sebagian orang mikir bahwa jadi kuat

IS NEVER TO FEEL PAIN
Gak pernah ngerasain sakit 

HOWEVER
Bagaimanapun

THE STRONGEST PEOPLE
Orang yang paling kuat itu

ARE THE ONES WHO HAVE FELT PAIN
adalah mereka yang merasakan sakit

UNDERSTOOD IT, ACCEPTED IT AND LEARNED FROM IT
memahami sakit itu, menerimanya dan belajar darinya



Tips menjadi manusia super kuat

(1) Biarkan rasa sakit itu terasa.
  • Orang kuat bukan karena gak pernah merasa sakit. Justru rasa sakit, penderitaan dan kesusahan itu berkah yang datang dalam hidup semua orang. Berkah yang tersembunyi dan terbungkus rasa gak nyaman.
  • Untuk menjadi kuat, biarkan rasa sakit anda memenuhi tubuh, rasakan dan nikmati rasa sakit itu. Semakin keras kita menolak rasa sakit, semakin sakit jadinya. Sakit adalah kenyataan, bagian dari perjalanan hidup yang harus diterima, menolaknya tidak akan menghilangkan rasa tidak enaknya, malah membuat hati kita tambah sakit.
  • Diselingkuhi, ditipu, ditinggalkan, tervonis penyakit mematikan adalah rasa sakit yang harus diterima. Memang tidak menyenangkan dan membuat marah. Tapi itulah kenyataan. Menerima kenyataan, menerima rasa sakit dan penderitaan, membiarkan tubuh dan hati kita merasakannya adalah langkah awal untuk menjadi orang kuat.

(2) Pahami rasa sakit itu.
  • Memang mungkin butuh waktu berhari-hari untuk beradaptasi dan memahami rasa sakit yang kita rasakan. Pahami bahwa Tuhan memang memberikan kita rasa sakit sebagai penyeimbang dari rasa senang. Sakit tak datang begitu saja. Pahami penyebabnya, mengapa sakit itu harus anda alami. Jika anda selingkuhi, daripada habis air mata menangisi dan membencinya, cobalah cari tahu mengapa anda diselingkuhi. Jika sudah tahu penyebabnya, cobalah untuk mengatasinya. Karena perselingkuhan terjadi bukan hanya kesalahan salah satu pihak, tapi ada andil dari anda juga.

(3) Menerima sakit itu.
  • Setelah bisa memahami mengapa sakit itu datang dan mengakui bahwa kita punya andil mendatangkannya, akan lebih mudah untuk menerima rasa sakit itu sebagai bagian dari pernak pernik kehidupan. Kehidupan tak akan berwarna jika tak ada kepahitan dan kesakitan yang kita rasakan. Kita bisa berbangga diri karena bisa mengatasi rasa kesakitan dalam hidup kita dan menerimanya sebagai bagian perjalanan hidup yang akan mendewasakan kita.
  • Menolak rasa sakit itu tak akan merubah apapun, bahkan tak akan mengurangi sakitnya. Karena rasa sakit itu nyata, ada di depan kita. Satu-satunya pilihan bijaksana yang bisa kita lakukan adalah menerimanya.

(4) Belajar dari rasa sakit.
  • Sakit adalah keadaan dimana kita mengakui kelemahan sebagai manusia dan mengakui kebesaran Tuhan. Membuat kita merasa lebih dekat padaNya, mengadukan semua keluh kesah yang dirasakan. Sakit menyadarkan manusia untuk mencari tempat bersandar yang bisa diandalkan yaitu kasih sayang Tuhan.
  • Sakit adalah masa dimana kita bisa belajar menghargai rasa senang, menghargai kesehatan, menghargai hubungan yang berjalan lancar, menghargai hal-hal baik dalam hidup kita. Karena ada masa kesenangan itu berakhir berganti dengan rasa sakit. Tanpa pernah merasa sakit kita tak bisa merasakan enaknya rasa senang itu.
  • Sakit mengajarkan kita bahwa kita mampu mengalahkan rasa sakit. Sekian lama rasa sakit hadir dalam hidup kita, toh kita pasti survive, pasti bisa mengatasinya. Terjangan rasa sakit, masalah dan penderitaan yang terus menerus hadir dalam kehidupan kita bukannya melemahkan tapi membuat kita semakin kuat.
  • Sakit mendewasakan kita, membuat kita belajar mengatasi masalah sendiri, mencari solusi terbaik yang paling cocok dengan kita.
Itulah tips menjadi manusia super kuat, tak perlu makan obat kuat atau jadi pahlawan super, tapi mampulah menerima rasa sakit, menikmati rasanya, memahaminya dan belajar darinya. Mengapa kita disebut kuat? Karena kita mampu mengatasi kelemahan kita.

Salam...

No comments:

Post a Comment