Friday 3 June 2016

Sebenarnya Kamu Kaya, Cuma Gak Nyadar Aja!

Merasa kere dan gak bahagia?


Dunia sudah semakin materialis. Apa-apa selalu dinilai dengan uang. Akhirnya orang menjadikan ukuran kebahagiaan itu juga terkait dengan uang. Padahal uang gak dapat membeli kebagahagiaan. Lihat saja para milyuner, para selebritis papan atas yang hidup berkelimpahan harta dan uang, banyak yang tak bahagia, bahkan sampai ada yang bunuh diri segala. Kenapa? Karena ada yang kosong dalam dirinya dan itu gak bisa ditutupi dengan uang.

Kenyataannya kamu kere. Uang di kantong pas-pasan, suka nelan ludah kalo pengen apa-apa, karena gak sanggup beli. Kalo udah kebelet terpaksa ngutang ato nyicil dengan angsuran yang bikin kamu megap-megap gak nafas setiap bulannya. 
Karena kekereanmu kamu merasa gak bahagia. Kamu ngerasa hidup gak berpihak padamu. Kamu suka ngiri sama mereka yang banyak duit kemudian keluarlah sejuta daftar keluhan dari bibirmu. Kamu merasa jadi manusia paling malang sedunia.


Apa Kata Quotes?


IF YOU HAVE A FAMILY THAT LOVES YOU, 
Kalo kamu punya keluarga yang menyayangimu

A FEW GOOD FRIENDS,
teman yang baik meski sedikit

FOOD ON YOUR TABLE,
makanan yang selalu tersedia di meja

AND A ROOF OVER YOUR HEAD,
dan rumah tempat berlindung,

YOU ARE RICHER THAN YOU THINK
kamu lebih kaya dari yang bisa kamu pikirkan


Punya keluarga yang menyayangi?


Kamu masih punya ortu yang lengkap yang selalu perhatian sama kamu? Punya sodara, adik ato kakak yang melengkapi hidumu? Punya kakek, nenek, bibi, paman, keponakan, sepupu yang menceriakan hidupmu? Ini salah satu kekayaan yang patut kamu syukuri. Berapa banyak anak yatim yang harus dipelihara oleh negara karena tak punya keluarga yang merawat di luar sana? Berapa banyak anak yang kurang beruntung memiliki keluarga yang mengayomi sehingga harus bergelandang di jalan raya, di lampu merah dan di bawah kolong jembatan?


Punya teman baik, meski sedikit?


Temanmu ada 1 juta, tapi itu di medsos? Itu mah teman di dunia maya, alias teman gak nyata. Kalo menurut saya sih teman gak perlu banyak, yang penting teman itu betul-betul teman sejati yang selalu ada saat kita butuh, teman berbagi, teman curhat, teman melakukan segala sesuatu yang kita sukai. Kamu punya teman baik meski cuma sedikit?
Ini adalah salah satu kekayaan yang harus kamu syukuri. Banyak orang di luar sana yang gak punya teman sampe meninggal dalam kesendirian. Banyak orang juga yang keliatannya punya banyak teman, tapi teman itu nanti datang kalo butuh sesuatu, kalo ada kepentingannya. Ada juga yang dikhianati dan ditipu oleh orang yang dianggapnya teman.


Punya makanan yang selalu tersedia?


Kamu masih bisa makan 3 kali sehari meski dengan lauk yang sederhana. Ini salah satu kekayaan yang harus kamu syukuri. Banyak lho orang di luar sana yang harus puasa karena gak sanggup beli makan? Banyak orang di afrika sana yang kelaparan karena negaranya salah urus. Banyak gelandangan atau orang gila yang harus mengais-ngais makanan di tong sampah demi mengisi perutnya. 

Punya rumah tempat berlindung?


Kamu punya rumah tempat tinggal tetap, tempatmu berteduh dari panas dan dingin, tempatmu beristirahat saat lelah? Meski itu hanya kamar kos ukuran 4 x 5 m? Ini adalah kekayaan yang harus kamu syukuri. Banyak orang di luar sana harus kedinginan di malam yang dingin, kepanasan dan kehujanan karena gak punya tempat berlindung. Kemewahan yang mereka punya adalah emperan toko, atau gubuk kecil di bantaran kali, atau di atas selokan.

Kalau kamu selalu melihat ke atas, melihat orang yang lebih kaya, lebih makmur, lebih sukses maka kamu akan selalu merasa kurang. Tapi cobalah melihat ke bawah, pada orang yang lebih kurang dan lebih miskin darimu. Bukankah itu membuatmu merasa lebih dan bersyukur? Hitunglah betapa banyak nikmat Tuhan yang tercurah padamu, betapa kayanya dirimu.

Percayalah kebahagiaan itu tak jauh. Kebahagiaan itu ada dalam hati yang selalu bersyukur.

No comments:

Post a Comment