Tuesday 7 June 2016

Mengapa Mesti Marah Saat Ditolak?

Sering ditolak?


Melamar kerja gak diterima, nembak cewek ditolak, ngusulin sebuah program tapi ditolak mentah-mentah. Pokoknya yang namanya ditolak menjadi hal biasa buat kamu saking seringnya kejadian ditolak melulu. Tapi lama kelamaan itu mengerus rasa percaya dirimu juga, seolah kamu merasa gak berharga jadi manusia sampe gak ada yang bersedia buat nerima kamu.

Kenapa kamu ditolak?

(1) Kualifikasi beda

  • Harusnya pertanyaan ini kamu tanyakan sama diri kamu sendiri, sebelum menenggelamkan diri dalam kesedihan dan perasaan nelongso. Kamu ditolak kerja, mungkin karena kamu gak memenuhi kualifikasi yang mereka cari. Bukan berarti kamu gak pantas buat diterima, tapi kriteria yang mereka cari gak ada di kamu. Mungkin kamu bakal cocok dengan pekerjaan yang lain. Jangan menyerah dan teruslah mencari.
  • Ditolak cewek? Bukannya kamu gak menarik tapi tipe kamu kebetulan bukan tipe cowok yang diidamkannya. Dia pengen cowok yang berkulit putih kebetulan aja kamu berkulit gelap dan sedikit gosong...
  • Pendapatmu ditolak? Bukannya pendapatmu gak bagus, cuma gak sesuai aja dengan program/kegiatan yang dijalankan. Mungkin ada usulan yang jauh lebih bagus dan lebih cocok. Pendapatmu hanyalah pelengkap dan memperkaya rencana kegiatan.

(2) Emang kamu payah..
  • Kamu mesti chek diri, kenapa kok sering banget ditolak. Mungkin kualifikasimu jauh dari standar. Kamu gak memenuhi persyaratan, gak lulus karena otakmu memang gak nyampe. Gak ada orang yang mau menerima seseorang yang kurang. Apalagi kalo itu perusahaan yang ngejar keuntungan, ato lembaga yang mementingkan hasil. Coba deh belajar lagi, perbaiki diri, kursus kek, baca banyak buku kek, magang di mana, biar wawasan kamu lebih bagus dan kamu lebih terampil.
  • Sering ditolak cewek? Memang mungkin tampang dan kelakuanmu bikin eneg. Udah jelek, bau, kasar, bertingkah lagi! Coba deh, rendah hatilah bertanya pada cewek-cewek yang sukses nolak kamu, kenapa mereka gak bersedia nerima kamu? Supaya kamu dapat pencerahan dikit. Udah gitu perbaiki diri. Kalo wajah sih pasti gak bisa dirubah ya.., operasi plastik juga gak jadi jaminan (gak yakin juga kalo kamu punya duit buat bayar ongkosnya hehe..). Tapi kalo sekedar masalah bau badan dan bau mulut sih, kecil.. ada kan yang namanya deodorant dan odol..?? Kenalan deh sama pembersih dan pengharum...biar kamu wangi dan bersih. Cewek seneng liat cowok yang mukanya pas-pasan tapi bersih daripada yang cakep tapi kumel. (baca : bagaimana sikapmu kalo cewek nolak karena kamu jelek?)
  • Pendapatmu ditolak? Mungkin karena pendapatmu itu ngasal..gak punya kualitas, asbun. Kamu asal berpendapat aja. Please deh, kalo mo dihargai orang, tunjukin kelakuan yang bisa dihargai. Kalo gak niat ngasi pendapat, mending gak usah ngomong. Kalo emang niat, tunjukin kalo kamu ngasi pendapat yang bermanfaat.


Apa kata Quotes?


DON'T BE UPSET WHEN PEOPLE REJECT YOU
gak perlu marah saat orang nolak kamu

NICE THINGS ARE REJECTED ALL THE TIME 
barang bagus berulangkali ditolak 

BY PEOPLE WHO CAN'T AFFORD THEM
oleh mereka yang gak mampu beli


Barang bagus sering ditolak


Pernah gak kamu ke toko dan memperhatikan barang-barang yang dipajang? Kebanyakan kita kalo suka sama sesuatu barang, sebelum mutusin buat beli pasti chek harganya dulu, buat ngeyakinin diri kalo sanggup beli. Kadang ngeliat barang bagus tapi cuma bisa mupeng (muka pengen) terus ditolak deh. Kenapa? Karena harganya selangit dan gak terjangkau.

Intinya sih ngelihat sisi positif jika kamu ditolak. Gak perlu marah dan gak perlu ngerasa gak berharga. Bukankah barang bagus sering ditolak orang bukan karena kualitasnya jelek, tapi karena orang gak sanggup bayar.

Paham kan...!!!

No comments:

Post a Comment