Thursday 16 June 2016

Saat Kejadian Buruk Terjadi Kita Punya 3 Pilihan.

Kejadian buruk itu anugerah.


Mungkin kamu bakalan protes dengan sub judul di atas. Masa' kejadian buruk dianggapa sebagai anugerah? Bukankah kejadian buruk itu bikin hidup kita susah, menderita dan gak nyaman? Dari sisi mana melihatnya sehingga kejadian buruk disebut sebagai anugerah? 

Pada tulisan sebelumnya udah mengulas bahwa dalam setiap kejadian kita punya 2 pilihan, apakah terus maju untuk meningkatkan diri atau malah mundur nyari selamat. Tulisan kali ini admin akan fokus pada kejadian buruk.



Kejadian buruk itu anugerah karena :

  1. Kita bisa tahu seberapa kuat kita. Kita tak pernah tahu seberapa kuat menghadapi sebuah kejadian buruk jika kita tak pernah mengalaminya secara langsung. Kematian orang tercinta, rumah terbakar habis, kecelakaan yang menimbulkan luka permanen, usaha bangkrut menyisakan utang, adalah rangkaian kejadian buruk yang bisa jadi pernah kita alami. Dan toh kita tetap survive, tetap bertahan dan mampu mengatasinya. 
  2. Membuat kita menghargai dan bersyukur atas nikmatNya. Nanti kita bisa menghargai sang kekasih saat dia pergi meninggalkan kita. Kita baru bisa menghargai tubuh yang sehat saat kita mulai sakit-sakitan. Kita bisa menghargai milik kita justru saat kita kehilangannya. Kejadian buruk membuat kita menghargai apa yang kita miliki dan apa yang dianugerahkan Tuhan pada kita.
  3. Membuat kita menghargai momen terbaik dalam hidup. Semua orang tak ingin kejadian buruk menimpanya tapi jika itu terjadi itulah kenyataan yang harus diterima. Sehingga semua kejadian manis dna momen terindah dalam hidup harus dinikmati dan dihargai. Karena kita tidak tahu sampai kapan momen itu akan terus ada. Hubungan suami isteri yang romantis, saudara yang saling menyayangi, kemenangan dan keberhasilan. 
  4. Menyeimbangkan hidup kita. Kejadian buruk datang sebagai penyeimbang agar selain bisa merasakan manisnya kehidupan juga bisa bertahan dengan kepahitan. Jika hidup manis melulu akan terasa hambar dan mudah. tapi jika hidup diselingi kepahitan akan membuatnya berwarna dan lebih menantang.


Apa kata Quotes?



WHEN SOMETHING BAD HAPPENS
Saat kejadian buruk terjadi

YOU HAVE 3 CHOICES
Kamu punya 3 pilihan

YOU CAN LET IT DEFINE YOU
Membiarkannya mengaturmu

YOU CAN LET IT DESTROY
Membiarkannya menghancurkanmu

OR YOU CAN LET IT STRENGHTEN YOU
Atau membiarkannya menguatkanmu

Apa yang bisa dipelajari dari quote di atas?

KAMU PASTI PUNYA PILIHAN.
  • Setiap kejadian yang terjadi dalam hidup, membuat kita melakukan sesuatu untuk menghadapinya. Karenanya pilihan selalu ada dan terbentang di depan mata menunggu untuk diambil. 
  • Begitu juga saat kejadian buruk menimpa. Kita tak mungkin tinggal diam dan membiarkannya begitu saja. Kita harus melakukan sesuatu. Karena itu pilihan itu mutlak. Pilihan inilah yang nantinya akan menentukan seberapa tangguh kita. Pilihannya ada 3 yaitu membiarkannya mengaturmu, menghancurkanmu atau malah menguatkanmu.

KAMU MEMBIARKANNYA MENGATURMU.
  • Saat kejadian buruk menimpa, hal pertama yang terjadi pada dirimu adalah penyangkalan. Menolak kenyataan dan berpura-pura seolah hal itu tak terjadi padamu. Kamu lebih banyak tenggelam dalam kesedihanmu, sibuk dengan kegalauanmu dan tak tahu harus melakukan apa. Kamu belum melihat solusi dari masalahmu. Kamu malah makin terjebak dalam ilusi dan penjara yang kamu buat sendiri.
  • Ya.. kejadian buruk itu sangat mempengaruhimu. Bukannya kamu yang mengaturnya tapi malah kamu yang diaturnya, sehingga kamu semakin terpuruk dan tak bisa bergerak.

KAMU MEMBIARKANNYA MENGHANCURKANMU.
  • Kalau kamu tidak segera keluar dari kungkungan masalah yang disebabkan oleh kejadian buruk itu, kamu betul-betul sudah diaturnya, maka hal selanjutnya yang terjadi adalah kamu membiarkannya menghancurkanmu pelan-pelan. Kamu tidak mencari solusi, kamu malah membiarkannya terus menggerogoti hidupmu. Pikiranmu tak tenang, susah fokus, stres mulai menyerang, kondisi badanpun ikut lemah karena pengaruh ketegangan pikiran.
  • Ya.. kejadian buruk menghancurkan semua sendi-sendi kehidupanmu. Kamu hancur karena tidak berani melawannya malah membiarkannya mengambil alih kehidupan normalmu.

KAMU MEMBIARKANNYA MENGUATKANMU
  • Jika kamu menerima kejadian buruk sebagai sebuah anugerah maka kamu tak akan membiarkannya mengatur, mengambil alih hidupmu dan menghancurkanmu pelan-pelan. Kamu melawannya dengan gagah berani. Penyangkalan dan ketidakterimaan akan membuatmu lebih sakit. Karena itu kamu menerimanya, mencari solusinya dan menjadikannya pelajaran.
  • Ya.. kejadian buruk menguatkanmu, karena kamu berani menghadapinya, tak kalah oleh masalah yang datang, kamu bisa keluar dari kesedihan dan mendapatkan pelajaran berharga darinya. Kamu menerima kejadian buruk sebagai bagian dari perjalanan hidupmu. Badai pasti berlalu, kamu tahu itu dengan pasti.
  • Saat kejadian yang lebih buruk datang kembali kamu tak gentar. Kamu sudah punya pengalaman dan kamu tahu kalo kamu terlalu kuat untuk dihancurkan. Jangan pernah kalah oleh kejadian buruk, karena selalu ada pelangi setelah hujan lebat dan selalu ada bintang kemilau di langit yang gelap. Cuma mata kita yang terkadang tertutup, yang terlihat hanya hujan lebat yang kelabu serta langit yang gelap, tak bisa menikmati keindahan pelangi dan kerlap kerlip bintang di ujung sana. 
Salam..

No comments:

Post a Comment