Thursday, 16 June 2016

Tips Agar Gak Dibodohin Orang

Kenapa ada yang suka membodohi orang lain?


Hidup di era sekarang ini susah buat ngenali mana orang baik dan mana orang jahat. Penipu sekarang sudah gak tampang preman dengan muka garang dan penampilan kucel lagi. Penipu, rampok dan tukang bodoh-bodohin orang sekarang ini lebih keren, kadang tampil super rapi, berjas, berkacamata dengan tampang intelek tanpa dosa. Kita dengan mudah jadi korbannya karena GAK NYANGKA dia orang jahat.



Penampilan bisa menipu, omongan bisa dipelintir, sehingga kita semua jadi korbannya. Kenapa mereka berhasil membodohi kita?

(1) Naif.
  • Kebanyakan kita adalah orang yang naif alias orang baik. Karena kita baik, kita pun menyangka orang lain sama dengan kita, sama baiknya. Kita gak mungkin nipu, gak mungkin ngebodohin orang karena itu perbuatan yang gak pantas. Kenaifan membuat kita jadi target pelaku kejahatan.

(2) Mudah diperdaya.
  • Kita sering tertipu dengan tampilan. Liat seseorang berpenampilan necis dan terpelajar, membuat kita langsung percaya kata-katanya. Ketemu orang asing yang minta tolong, kita dengan segera menolongnya karena pertimbangan kemanusiaan. Akibatnya kita jadi gampang diperdaya.

(3) Gampang percaya.
  • Kita suka malas melakukan cek and recek terhadap informasi yang kita terima dari orang lain. Menerima sms kalau kita memenangkan kuis dengan hadiah yang fantastis, membuat hati kita melonjak sehingga akal sehat jadi tertutup. Mana mungkin kita menang undian yang gak pernah kita ikuti sih?

Apa kata Quotes?



CHARACTERIZE PEOPLE BY THEIR ACTION
Kenali orang lewat tindakannya

AND YOU NEVER BE FOOLED BY THEIR WORDS
Dan kau gak akan pernah dibodohi oleh kata-katanya

Apa yang bisa kita pelajari dari quotes di atas?

Agar gak gampang dibodohin lakukan ini :

a. Perhatikan sikapnya.
  • Satu-satunya tips agar gak gampang dibodohi orang lain adalah memperhatikan kelakuannya, tindak tanduknya, sikapnya. Seseorang yang berniat jahat pasti akan kelihatan dari gerak-geriknya. Bahasa tubuh yang mereka tampilkan pun berbeda dengan orang normal. Biasanya mereka menyimpan ketegangan dan itu bisa tercium jika kita memperhatikan dengan seksama.
  • Sangat mudah mengenalinya. Kalau ada orang yang sikapnya bertolak belakang dengan ucapannya, itu tanda-tanda bahaya. Jauhi orang tersebut sebelum kamu jadi korban.


b. Jangan gampang percaya.
  • Jangan gampang percaya dengan apa yang mereka katakan, terutama oleh orang asing atau orang yang baru dikenal. Bahkan orang yang sudah dikenal lama pun tetap harus diwaspadai. Meskipun apa yang mereka omongin itu kedengarannya meyakinkan.
  • Sekarang ini orang gak takut berbohong. Sepanjang kebohongan itu bisa mempermudah mereka mencapai tujuan, akan mereka lakukan. Integritas dan kejujuran adalah hal yang langka. Manipulator akan terus memanipulasi dengan segala macam trik, meski harus bermain kotor.


c. Selalu lakukan cek and ricek
  • Jangan cepat mengambil keputusan untuk percaya kata-kata mereka. Jangan terburu-buru mengikuti maunya. Lakukan cek and ricek informasi yang mereka beri. Internet sekarang ini sudah di ujung jari kita, setiap ponsel memiliki koneksi internet dengan fasilitas mesin pencari yang tahu banyak hal. Semakin banyak informasi yang kita terima semakin waspada kita.
  • Selalu ada informasi tentang trik penipuan yang dilakukan oleh orang tertentu di internet atau medsos. Orang cenderung waspada dan senang berbagi informasi yang dianggap bermanfaat buat orang banyak. Jadi bukan hal mudah untuk menemukan testimoni korban penipuan di internet.
Kata-kata memang menarik untuk di dengar tapi kata bisa berbohong. Sementara sikap gak akan mungkin berbohong. Karena itu perhatikan sikap orang baik-baik, sehingga kamu gak gampang diperbodoh dengan kata-katanya.

Salam... 




No comments:

Post a Comment