Tuesday 21 June 2016

Mengapa Ada Yang Betah Jadi Orang Bego?

Bego itu pilihan

Bego dan pintar itu pilihan, bukan keturunan ato berdasar genetika. Jadi mau bego atau pintar itu kita yang milih sendiri. Termasuk kalo ada yang pura-pura bego atau malah pura pura pintar? Itu juga dipilih.
Kalo memilih buat jadi orang pintar pasti berusaha buat jadi pintar. Sekolah, kursus, les, baca buku, magang, training dan aktivitas yang tujuannya menambah ilmu.

Kalo memilih buat bego ya..gak berusaha buat jadi pintar. Sekolahnya gak serius, gak minat ikut kursus, les apalagi magang atau training. 

Tapi ada lho orang yang betah jadi orang bego dan gak kepengen naik status jadi orang pinter. Mengapa? Kita lihat alasannya yuk..

Apa Kata Quotes?


YOU CAN GIVE A PERSON KNOWLEDGE
Kamu bisa membagi ilmu pada orang lain

BUT YOU CAN'T MAKE THEM THINK
Tapi kamu gak bisa memaksa mereka mikir

SOME PEOPLE WANT TO REMAIN FOOLS
Beberapa orang pengen tetap bego

ONLY BECAUSE THE TRUTH REQUIRES CHANGE
Hanya karena jadi pintar itu butuh perubahan


Berbagi ilmu itu mulia


Inilah satu-satunya hal yang jika dibagi bukannya berkurang tapi malah nambah. Kalo kita berbagi ilmu artinya kita merefresh ingatan kembali tentang ilmu itu, sehingga ilmu terus melekat bahkan bisa lebih berkembang. Seperti halnya mereka yang bergerak di bidang pendidikan, mau yang namanya guru, dosen, widyaiswara, tutor, coach, seiring dengan jam terbang mengajar, mereka semakin paham dan semakin mendalami ilmu yang dikuasainya. Kenapa? Karena ilmu itu dibagi dengan siswa / mahasiswanya.


Tapi ilmu gak bikin kita pintar.


Yang bikin pintar sebenarnya bukan ilmu atau pengetahuannya, tapi sejauhmana orang yang diberi ilmu mau mempelajari dan menerapkan ilmu yang diperolehnya. Ilmu gak akan ada artinya sebelum dipahami dan diamalkan oleh manusia. Sama seperti science dan teknologi yang hanya ada di textbook atau buku paket, tapi gak ada yang membacanya kan sia-sia.
Begitu ilmu itu masuk dalam kepala seseorang gak ada yang bisa memaksa dia buat mikir apalagi menerapkan ilmu itu, termasuk para pendidik yang sudah berbaik hati membagikan ilmunya. Karena keinginan untuk mengkaji dan mempraktekkan ilmu itu murni kehendak pribadi masing-masing orang.


Jadi kenapa ada yang betah jadi orang bego?


Banyak yang betah jadi orang bego, atau malah pintar-pintar bego (ngakunya pinter padahal sebenarnya bego) karena untuk jadi pintar butuh perubahan yang gak kecil. Ya.. usaha untuk belajar, usaha untuk menuntut ilmu yang gak kenal lelah,mencari guru yang cocok, menyediakan sumberdaya termasuk biaya dan waktu. Saat menuntut ilmu pun waktu tidur dan waktu main jadi berkurang tersita oleh waktu belajar. Belum lagi untuk mengamalkan ilmu itu butuh kemauan dan tekad yang kuat. 

Bagi mereka yang gak sanggup berubah, ya.. gak ada pilihan lain kalo tetap jadi bego dan membegokan diri. Itu sebabnya orang pintar itu langka dan susah didapat, sementara orang bego ada di mana-mana.

Salam....

No comments:

Post a Comment