Thursday 9 June 2016

Tips Berurusan Dengan Rasa Takut

Kamu penakut?


Orang penakut punya kelebihan dibanding orang kebanyakan. Dia kelebihan imajinasi. Segala sesuatu dia bayangin secara berbeda dengan orang lain. Liat ruangan gelap, takut. Dia bayangin banyak mahluk-mahluk tak kasat mata yang bakalan mengganggunya. Liat ular yang lagi asik tiduran di pohon, takut. Dia bayangin ular itu nyadar kalo ada manusia di dekatnya dan mulai menyerangnya secepat kilat. Naik pesawat takut pesawatnya jatuh, naik kapal laut takut tenggelam, naik mobil takut tabrakan, naik kereta api takut rel keretanya ambrol. Pokoknya tak ada hal yang indah di matanya, karena semua ditakutinya.

Rasa takut sebenarnya reaksi alamiah tubuh untuk membuat kita waspada akan datangnya bahaya yang mengancam keselamatan kita. Rasa takut membuat kita lebih fokus dan lebih berhati-hati terhadap sesuatu. Hal ini bisa menghindarkan kita dari bahaya. Tapi ada orang yang salah menggunakan rasa takutnya dengan membiarkan rasa takut mempengaruhinya untuk bertindak. Semua hal ditakutinya dan dianggap akan menyakitinya atau memberi efek buruk bagi dirinya. Mereka inilah yang dikenal sebagai penakut.

Darimana datangnya rasa takut?
Dari pengalaman. Coba perhatikan anak kecil, balita yang dengan santainya bermain pisau, memegang api, bermain air, karena belum tahu bahaya yang bisa ditimbulkan oleh benda-benda tersebut. Setelah merasakan teriris, terbakar bahkan hampir tenggelam, mulailah dia memahami bahwa benda-benda tersebut berbahaya dan mulai takut mendekatinya.


Apa Kata Quotes?

FEAR IS
Ketakutan adalah

FORGET EVERYTHING AND RUN
Lupakan semuanya lalu kabur

OR
atau

FACE EVERYTHING AND RISE
Hadapi segalanya lalu bersinar



Ketakutan itu pilihan


Inti dari quotes di atas adalah takut itu pilihan. Apakah kita akan takut menghadapi apapun kemudian kabur menghindarinya, menyelamatkan diri dari efeknya. Atau malah menghadapi dan melawan ketakutan itu kemudian berjaya..Semua terserah kamu.

Sukses bukan perkara mudah. Kalo sukses gampang jalannya pasti semua orang di dunia ini sudah sukses. Tapi kenyataannya kan gak gitu. Hanya sedikit yang berhasil dan sukses merengkuh impiannya sementara sebagian besarnya gagal. Mengapa? 

Orang sukses mampu menguasai rasa takutnya, takut gagal, takut mencoba, takut memulai melakukan sesuatu, takut bertemu klien, takut berurusan dengan bank, takut ditolak, takut rugi, takut menggunakan sesuatu yang baru, takut berbicara di depan umum. Bukannya mereka gak punya rasa takut dalam diri, tapi mereka mampu mengalahkan rasa takut itu dan memanfaatkannya untuk mencapai tujuannya. Karena kalau kalah oleh rasa takut, yakinlah pasti gak akan sampai ke tujuannya, yaitu menjadi sukses. Karena ketakutan akan menariknya mundur, menghentikan langkah yang hendak dilaluinya dan memenuhinya dengan pikiran negatif. 

Bagaimana mengelola rasa takut?

  • Sebenarnya gak ada yang perlu ditakutkan selain ketakutan itu sendiri. Ketakutan yang melemahkan pikiran kita. Karena ketakutan adalah aura negatif yang membuat kita gak bisa memaksimalkan potensi.
  • Takut gagal? Kalau gagal kenapa? Dunia gak akan kiamat kalo kita gagal. Kegagalan membuat kita belajar bahwa ada yang perlu diperbaiki dan harus diubah. Orang sukses bukannya gak pernah gagal, tapi mereka yang setelah gagal bangkit kembali dan mulai lagi dari awal. Mereka pantang menyerah dan gak kalah oleh kegagalan. Mereka tahu bahwa gagal adalah sukses yang tertunda.
  • Takut mencoba? Apa yang salah dengan mencoba? Hasilnya kan cuma dua berhasil atau tidak. Kita semua takut mencoba karena gak yakin dengan hasilnya, takut kalau hasilnya gak sesuai harapan. Kenapa harus berpikir gak berhasil, bukankah peluang untuk berhasil tetap ada. Makanya dicoba! Karena kita gak akan pernah tahu hasilnya kalau tidak mencobanya.
  • Takut memulai? Mengapa harus takut? Gak ada langkah akhir jika gak ada langkah awal. Jika gak berani melangkah, maka kita akan terus jalan di tempat, gak bergerak ke mana-mana. Mau sukses jadi pengusaha tapi gak pernah mau memulai belajar menjadi pengusaha, itu ngimpi namanya.
  • Takut ditolak? Ada apa dengan penolakan? Itulah konsekuensi yang harus diterima jika mengajukan sesuatu. Penolakan bukan berarti kamu gak berharga hanya ide yang kamu sampaikan gak sesuai yangharapan orang lain. Intinya buat ide baru dan ajukan kembali atau cari orang lain yang seide dan bisa nerima pendapatmu.
  • Semua ketakutan bisa ditangani kalo kamu melihat hal yang positif dari hal yang kamu takuti. Karena semua hal itu baik, kecuali kalo kamu menganggap sebaliknya. Itu cuma permainan pikiran. Kalo kamu pikir bisa pasti bisa. Ketakutan akan melumpuhkan kamu dan membuatmu berpikir gak bisa, gak mungkin, pasti gagal. 
  • Silakan baca tulisan ini juga singkirkan ketakutan dengan 6 tips ini.
Sekarang kamu pilih yang mana, mengahadapi rasa takutmu atau membuat dia menaklukkanmu?

Salam....

No comments:

Post a Comment